Minggu, 28 Mei 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Agar Pelaku Usaha Kecil Go International, Kemendag Jalin Kerjasama dengan Google dan Alibaba

4 Februari 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Agar Pelaku Usaha Kecil Go International, Kemendag Jalin Kerjasama dengan Google dan Alibaba

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Agar pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat go internasional dan bersaing di era digital, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan kerjasama dengan pemain gobal, yaitu Google dan Alibaba.

Pasalnya, Google dan Alibaba dinilai akan memberikan dampak strategis untuk perkembangan UKM di ranah digital.

Kerja sama dengan Google akan dioptimalkan membantu produk Indonesia merangkul pasar internasional yang lebih luas dengan platform pemasaran Google. Rencananya Google Adwords akan digunakan untuk mendongkrak laju gerak UKM untuk menumbuhkan profitabilitas dan pangsa pasar global.

Sedangkan dengan Alibaba, pemerintah ingin menginisiasi proses pemasaran produk makanan dan minuman baik secara Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C). Kesuksesan Alibaba di ranah e-commerce dinilai mampu memberikan insight dan solusi terbaiknya untuk industri lokal.

Baca juga :   Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Digelar di Jakarta dan Yogyakarta

“Saat ini, proses kerjasama sedang dalam tahap negosiasi, terkait harga dan sasaran pangsa pasar,” ujar Nus Nuzulia Ishak, Irjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag.

Menurut Nus, ketika kerja sama ini sudah berjalan, nantinya berbagai produk lokal akan ditunjang Google untuk ditampilkan melalui kanal iklan yang dimiliki sesuai dengan target pasar di berbagai negara.

Sedangkan keuntungan kemitraan dengan Alibaba adalah diterbitkannya sertifikasi perdagangan yang memberikan jaminan keamanan makanan dari Indonesia untuk melenggang ke ranah internasional. Selain itu dapat lebih melonggarkan dari sisi perpajakan dan bea masuk produk.

Ditargetkan untuk fase awal nanti, setelah persiapan kerja sama rampung, ada 10 pengusaha asal Indonesia yang lolos sertifikasi Alibaba.

Baca juga :   Dukung Dunia Pendidikan, Radana Finance dan Purwadhika Jalin Kerja Sama

“Secara umum pemerintah menargetkan bisa mencapai angka penjualan $10 juta tahun ini dan $50 juta di tahun depan dari kerjasama dengan Alibaba. Pemerintah meyakini bahwa digitalisasi proses bisnis ini menjadi langkah yang tepat untuk menyasar pangsa pasar internasional dan melenggangkan produk lokal,” terang Nus.

Untuk itu bagi UKM yang nantinya akan bergabung dalam program ini akan disajikan mekanisme yang mudah, dengan melakukan pendaftaran secara online untuk mendapatkan akses dan legalitas dan pihak terkait. Seleksi produk dan validasi jaminan produk turut akan digulirkan dalam proses pendaftaran UKM.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Tags: AlibabaBusiness-to-Business (B2B)Business-to-Consumer (B2C)e-commerceGoogleGoogle AdwordsKementerian Perdagangan (Kemendag)UKM
Previous Post

MNC Group Luncurkan e-Commerce Fesyen

Next Post

Mahasiswa UNP Ciptakan Mobil Listrik

Related Posts

Investree-adrian
News

Investree Salurkan Pembiayaan Rp1,2 Triliun untuk UMKM Pemenang Tender Pemerintah

27 Mei 2023
0
Lion Parcel
News

Fokus Dukung UMKM, Lion Parcel Catatkan Peningkatan Lebih dari 50% Volume Pengiriman di Medan

27 Mei 2023
0
Staffinc
News

Staffinc Dukung Pertumbuhan Industri MICE dan Event di Indonesia Dengan SDM Siap Kerja

27 Mei 2023
0
Load More
Next Post
Mahasiswa UNP Ciptakan Mobil Listrik

Mahasiswa UNP Ciptakan Mobil Listrik

digitalisasi nelayan

Sarana Digital mFish Tingkatkan Produktivitas Nelayan Madura

Menuju Masyarakat Digital Indonesia, Mega Bazaar Tetap Digelar

Menuju Masyarakat Digital Indonesia, Mega Bazaar Tetap Digelar

Discussion about this post

Berita Terbaru

Investree-adrian

Investree Salurkan Pembiayaan Rp1,2 Triliun untuk UMKM Pemenang Tender Pemerintah

27 Mei 2023
0
Lion Parcel

Fokus Dukung UMKM, Lion Parcel Catatkan Peningkatan Lebih dari 50% Volume Pengiriman di Medan

27 Mei 2023
0
Evermos Founders

Raih US$39 Juta, Platform Sosial Commerce Evermos Siapkan Perluasan Jaringan Perdagangan

27 Mei 2023
0
Staffinc

Staffinc Dukung Pertumbuhan Industri MICE dan Event di Indonesia Dengan SDM Siap Kerja

27 Mei 2023
0
Crimson Education

Ini Alasan Perusahaan Kirim Staf Belajar Ke Universitas di Luar Negeri

27 Mei 2023
0
Silvano & Sally

CEO Dapur Cokelat dan Founder Muscle First Masuk “Forbes 30 Under 30 Asia 2023”

27 Mei 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version