Aktivitas Digital Dorong Pertumbuhan Trafik Broadband Telkomsel di RAFI 2024

Trafik Broadband Telkomsel

Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43% Selama Gelaran World Water Forum 2024 di Bali (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% pada momen Ramadan serta Idulfitri 1445 H (RAFI 2024). Hal ini didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari game online hingga belanja online.

Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu mengungkap, Telkomsel memproyeksikan peningkatan aktivitas terutama untuk online gaming sebesar 40,84%. Disusul communications 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, dan e-commerce 9,17%.

“Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini, ” kata Galumbang dalam jumpa pers virtual, Rabu (27/3/2024).

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Galumbang mengatakan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia. Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

“Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97% wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024,” ucapnya.

Sementara itu Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Bramono mengatakan, untuk memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien, Telkomsel juga implementasi standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

“Kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang kebersamaan pelanggan dan memberdayakan masyarakat. Selain itu, bersama masyarakat dan para pelanggan setia, kami berupaya menciptakan dampak positif yang inklusif dan berkelanjutan, membuka lebih banyak peluang, serta menggerakkan kemajuan sosial dan ekonomi di seluruh penjuru Indonesia,” kata Saki.

Telkomsel juga akan menyiapkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia. Serta memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 492 GraPARI dan 582 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia, aplikasi MyTelkomsel beserta asisten virtual Veronika, akun media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X/Twitter, sampai dengan lebih dari 350 ribu mitra outlet Telkomsel.

Selain itu, Telkomsel melangsungkan inisiatif filantropi “Telkomsel Sambungkan Senyuman”, di Yogyakarta (28 Maret) dan Palembang (1 April). Program ini berupa pendistribusian bantuan dan donasi yang berfokus pada inklusivitas serta keberlanjutan sosial dan ekonomi di sekitar wilayah operasi Telkomsel. Bantuan dan donasi tersebut di antaranya terdiri dari bantuan penyediaan air bersih di 5 lokasi, 150 bantuan renovasi mushola,pesantren, tempat ibadah, 200 bantuan perbaikan sarana usaha UMKM, 1.000 bantuan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi masyarakat prasejahtera, 1.000 paket pemeriksaan gizi, makanan, dan vitamin bagi bayi/balita, 1.000 paket makanan sahur dan berbuka puasa, serta 1.800 paket sembako bagi masyarakat dhuafa.

Telkomsel juga mengedepankan konsep sharing economy, di mana pengadaan bantuan makanan, sembako, obat, dan vitamin yang akan disalurkan, dilakukan dengan mendorong dan memperkuat kapasitas para pelaku UMKM, Puskesmas, dan Posyandu Kelurahan di sekitar wilayah penerima manfaat.

Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel Gilang Prasetya menegaskan, Telkomsel berkeyakinan bahwa produk dan layanan yang dihadirkan tidak hanya memudahkan, namun juga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas.

“Oleh karena itu Telkomsel berharap melalui ragam inovasi dan layanan di periode Ramadan dan Idulfitri akan menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version