Alibaba Cloud Fokus Kembangkan Talenta Digital dan UMKM di Indonesia

Alibaba Cloud

Alibaba Cloud gelar Digital Talent Empowerment Program. (Foto: istimewa)

youngster.id - Alibaba Cloud sudah lima tahun beroperasi di Indonesia. Perusahaan berkomitmen akan mengembangkan sektor bisnis digital dengan membangun infrastruktur pendukung transformasi digital dan pengembangan kemampuan talenta digital di Indonesia.

General Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mengatakan, langkah itu disebut sebagai salah satu upaya mendukung transformasi digital sektor bisnis yang telah menjadi program pemerintah Indonesia.

“Kami akan bangun Data Center ketiga di kuartal II tahun 2021 ini,” kata Leon dalam keterangannya Jumat (23/4/2021).

Selain itu, guna mencapai transformasi digital secara menyeluruh, Alibaba Cloud Indonesia manrgetkan peningkatan SDM digital.

“Kami akan lebih banyak menggaet mitra lokal untuk membuat ekosistem lokal yang  kuat. Caranya, dengan melakukan kerja sama dengan lebih banyak inkubator dan universitas,” kata Chen.

Sebagai informasi, hingga tahun 2020, Alibaba Cloud Indonesia telah melakukan pelatihan terhadap 20 ribu peserta di bidang teknologi cloud. Rencananya, tahun ini akan ditingkatkan hingga mencapai 50 ribu peserta pelatihan.

Perusahaan menilai, pengembangan transformasi digital juga perlu didukung oleh kemampuan yang dimiliki talenta lokal.

Selain itu, sektor UMKM dan penyedia layanan publik akan menjadi perhatian khusus Alibaba Cloud Indonesia tahun ini. “Dari data yang kami kumpulkan, terjadi peningkatan di sektor UMKM yang go digital. Maka dari itu, sebisa mungkin kami bantu untuk perencanaannya,” kata Max Maiden Dasuki Head of Solutions Architect Alibaba Cloud Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version