youngster.id - Festival belanja online 11.11 digelar di seluruh dunia sebagai Single Day. Di Indonesia sejumlah e-commerce menggelar Hari belanja online nasinal (Harbolnas) 11.11. Antusias masyarkat sangat besar menyabut festival jelang akhir tahun 2020. Alibaba bahkan mencatat 583 ribu pesanan per Detik pada festival kali ini.
E-commerce Lazada mengklaim pada festival belanja Lazada 11.11 tahun ini memperlihatkan pertumbuhan pembeli dan order dua kali lipat dibandingkan dengan pembeli di Lazada 11.11 di tahun lalu. Bahkan melalui berbagai program yang ditujukan untuk sellers di tahun ini, terlihat terdapat kenaikan triple digit dari jumlah penjual yang membukukan penjualan dalam kampanye kali ini.
“Senang sekali melihat masih tingginya semangat dan partisipasi konsumen Indonesia terhadap festival belanja Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari yang kami selenggarakan untuk ke-8 kali nya tahun ini. Antusiasme ini tidak hanya terlihat di hari puncak Lazada 11.11 hari ini, tapi juga terlihat dari banyaknya konsumen yang menyaksikan gameshow marathon Guess It kami dan Lazada 11.11 Super Show,” kata Haikal Bekti Anggoro SVP Traffic Operations & Seller Engagements dalam keterangannya, Kamis (12/11/2020).
Dia menyebut terdapat kenaikan double-digit dari jumlah pembeli dalam satu jam pertama Lazada 11.11 tahun ini. Untuk mengantisipasi antusiasme konsumen yang tinggi di kesempatan Lazada 11.11 kali ini, Lazada Indonesia juga telah memastikan kesiapan infrastruktur baik dari sisi customer care dan juga logistik. Hal ini terbukti dengan tercatatnya rekor pengiriman barang kepada konsumen yaitu 33 menit dari sejak konsumen memesan barang hingga barang tiba di tangan konsumen.
Kesuksesan juga diraih induk Lazada yakni Alibaba Raksasa e-Commerce ini meraih total Gross Merchandise Volume (GMV) 372,3 miliar yuan atau sekitar Rp795,4 triliun pada Festival 11.11 kali ini.
“GMV Festival Belanja Global 11.11 adalah nilai total dari pemesanan dengan pembayaran melalui Alipay atau marketplace ritel Tiongkok Alibaba, yakni: Kaola, Lazada , AliExpress, New Retail, dan platform layanan pelanggan mulai 1-11 November 2020,” kata perusahaan dalam keterangannya.
Berlandaskan pemulihan ekonomi dan ritel China setelah pandemi, Festival 11.11 2020 membuka peluang baru bagi para mitra penjual Alibaba; sehingga estimasi pemulihan konsumsi konsumen akan lebih luas. ” Alibaba telah membantu 250.000 merchant untuk pulih secara kuat dari dampak pandemi di China,” kata mereka.
Dengan infrastruktur saat ini, Alibaba mengklaim berhasil meraih 583 ribu pemesanan baru tiap detiknya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post