youngster.id - Pesatnya pertumbuhan jejaring sosial dan platform e-Commerce telah mengubah cara orang berkomunikasi dan bertransaksi di seluruh dunia. Alibaba sebagai salah satu raksasa e-commerce dunia mendorong meningkatkan diskusi publik mengenai industri e-Commerce.
Better Than Cash Alliance, sebuah lembaga riset dan advokasi pembayaran digital yang didukung oleh PBB pada bulan April 2017 menunjukkan bahwa Indonesia adalah pasar e-Commerce dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada tahun 2016. Pasar Indonesia berkembang hingga 155% dari Januari 2016 hingga Januari 2017.
Melihat potensi yang sangat besar ini, Alibaba Mobile Business Group berinisiatif untuk meluncurkan kampanye UC Star Fest, untuk meningkatkan diskusi publik mengenai industri e-Commerce di Indonesia melalui platform UC News.
Kampanye yang juga hadir India ini merupakan bagian dari festival Alibaba Group’s double eleven e-Commerce yang dirancang khusus untuk mengeksplorasi kolaborasi antara unit bisnis Alibaba yang berbeda, termasuk UC News, UC Browser, dan 9Apps.
“UC Star Fest dirancang untuk mendorong pencipta konten lokal dalam memberikan informasi belanja yang informatif bagi pengguna, sekaligus untuk menciptakan sebuah studi kasus tentang kapasitas pencipta konten di UC We-Media. Kami melihat perlunya meningkatkan percakapan publik yang mengenai industri e-Commerce, dan untuk melibatkan pencipta konten berbakat di Indonesia,” ucap Damon Xi, Head of UCWeb Indonesia & India, Alibaba Mobile Business Group dalam siaran pers, Senin (27/11/2017).
Menurut dia, dalam program UC Star Fest berbasis HTML-5 ini, UC News melihat tingkat keterlibatan yang melebihi rata-rata kampanye serupa sebesar 10%. Tingkat keterlibatan ini bergantung pada seberapa aktif pengguna dalam menyebarkan kampanye ini dalam platform mereka dan juga memberikan komentar dan likes.
Beberapa nama besar di industri hiburan dan teknologi juga turut berkontribusi, termasuk Feni Rose, Alvin Adam, Gandhi Fernando, Onno W. Purbo, dan Valentino Simanjuntak. Kampanye ini juga menghasilkan beberapa penulis baru termasuk Bai Ruindra, lifestyle blogger asal Aceh.
Topik in-app hashtag yang ditulis olehnya menerima sekitar 1,8 juta impressions dan 5.516 komentar pengguna dalam satu hari dalam kampanye UC Star Fest yang hanya dapat diakses melalui ponsel.
“Tujuan kami bukan hanya untuk meningkatkan diskusi publik mengenai e-Commerce, tapi juga menjadi platform dimana orang dapat berbagai tips dan informasi bermanfaat untuk membantu pengguna kami berbelanja dengan lebih cerdas. Selain itu, kami juga ingin memicu minat pencipta konten berbakat agar tidak takut berbagi suara dan pikiran mereka, seperti Bai Ruindra,” kata Damon.
Sebelumnya pada bulan Oktober, Lazada juga bekerja sama dengan UCWeb untuk program “Pakar Tekno UC” yang menampilkan ulasan dari 5 penjual terbaik di platform Lazada untuk smartphone dengan harga terjangkau yang ditulis oleh sekelompok pakar teknologi pada paruh pertama tahun 2017.
“Meskipun ada banyak pilihan smartphone, kami percaya bahwa orang Indonesia pantas mendapatkan ulasan yang kredibel sebagai referensi mereka sebelum berinvestasi kepada smartphone dengan bantuan Pakar Tekno UC,” ucap Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post