Alibaba Luncurkan Program untuk Hapus Produk Palsu

Alibaba Group. (Foto : Ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Alibaba meluncurkan sebuah program yang bertujuan membantu perusahaan-perusahaan besar untuk mencari dan menghapuskan produk palsu dari marketplace Alibaba.

Ada banyak penjual barang palsu yang memanfaatkan Alibaba untuk menjual produk mereka. Hal ini tidak hanya memberikan situs e-commerce asal Tiongkok itu citra yang buruk tapi juga memperburuk hubungan Alibaba dengan merek besar.

Founder Alibaba, Jack Ma, berkeras bahwa produk palsu memang harus dihilangkan dari Alibaba.
Untuk itulah sistem yang disebut “IP Joint-Force System” ini dibuat. Dengan sistem ini memungkinkan merek-merek ternama untuk melaporkan keberadaan barang palsu pada staf Alibaba.

Menurut kabar yang dilansir Endgadget, merek-merek yang memiliki kekhawatiran barangnya dipalsukan seperti Louis Vuitton atau Apple akan dihubungkan pada seorang Account Manager Alibaba.
Mereka juga akan mendapatkan akses ke situs sehingga mereka dapat mengidentifikasi keaslian sebuah barang. Jika menemukan barang palsu, mereka dapat menandainya sehingga ia bisa dihapuskan.

Dengan program ini, Alibaba berusaha untuk menciptakan kesan yang lebih baik, menekankan bahwa perusahaan-perusahaan besar tidak dapat menghentikan penjual produk palsu jika mereka terus “protes dan mengkritik satu sama lain”.

Alibaba harus dapat menghentikan banyaknya produk palsu yang terjual di situsnya. Di tahun ini, Alibaba dikeluarkan dari aliansi anti-produk palsu yang berbasis di AS setelah adanya protes dari beberapa merek ternama.

STEVY WIDIA

Exit mobile version