youngster.id - Sebagai bentuk kepedulian terhadap penanganan pandemi di Indonesia, khususnya terhadap pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Alodokter memberikan layanan kesehatan berupa pendampingan dokter pribadi untuk setiap pasien COVID-19.
Melalui layanan ini, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter, dokter spesialis, bahkan psikolog, melalui unlimited chat dan mendapatkan bimbingan medis secara online untuk mendukung pemulihannya.
Suci Arumsari selaku Co Founder dan Director Alodokter mengatakan, masa ini pastinya merupakan masa yang sulit bagi pasien dan keluarganya. Untuk itu, Alodokter memiliki beberapa tujuan melalui program di masa krisis ini.
“”Kami menyadari bahwa, untuk itu kami ingin melakukan upaya terbaik demi membantu mereka dari sisi medis. Untuk pasien COVID-19, melalui program pendampingan dokter pribadi, kami akan selalu ada, kapan pun dan di mana pun, untuk mendampingi dan memberikan bimbingan medis di setiap langkah pemulihan,” ungkap Suci Arumsari dalam siaran pers Sabtu (9/5/2020).
Dia memaparkan, Alodokter ingin mendukung penuh pasien-pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri. Selain itu, layanan ini untuk meringankan beban pada sistem offline perawatan kesehatan. “Semakin banyak pasien yang bisa kita pantau dari jarak jauh, maka akan semakin banyak juga kapasitas yang tersisa untuk pasien kritis di rumah sakit. Selanjutnya adalah untuk meminimalkan penularan dan penyebaran penyakit akibat banyaknya pasien yang melakukan perjalanan ke rumah sakit,” jelas Suci lagi.
Layanan kesehatan ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Adapun, tim dokter yang terlibat dalam mendukung layanan ini berasal dari berbagai latar belakang dan bidang keahlian, seperti dokter spesialis paru, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dan psikiater. Dengan begitu, setiap pasien memiliki akses layanan bimbingan pemulihan secara menyeluruh, sesuai kebutuhannya. Baik secara fisik mapun psikis.
Dokter yang ditunjuk akan secara aktif mengikuti dan memantau kondisi pasien setiap harinya, secara digital melalui aplikasi. Pasien akan dibimbing setiap saat pada masa perawatan, dalam bentuk komunikasi intensif yang berkualitas untuk memantau, sekaligus mendukung pemulihan kesehatan.
dr Alexander K. Ginting selaku Staf Khusus Menteri Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI menuturkan, layanan kesehatan bersama dengan telemedicine partner yaitu, Alodokter, diharapkan dapat membantu masyarakat dengan lebih efektif dan efisien dalam menghadapi pandemi ini.
“Mekanisme yang jelas dari layanan ini dapat mendukung upaya percepatan penanganan COVID-19, karena pasien akan mendapatkan pendampingan secara intensif dari tim dokter. Sekarang, tugas kita semua untuk menyampaikan informasi ini seluas-luasnya, agar banyak pasien yang bisa memanfaatkan layanan kesehatan yang telah tersedia ini,” ucap dr Alexander.
FAHRUL ANWAR