ALTO Perkuat Transformasi Digital Pembayaran di Indonesia

ALTO Network

ALTO Perkuat Transformasi Digital Pembayaran di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk memperkuat ekosistem pembayaran digital yang aman dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya pelaku UMKM, Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) ALTO Network menjalin kerja sama dengan MotionPay, E2Pay, dan Bank Jago.

Menurut data Bank Indonesia, transaksi perbankan digital pada Juli 2024 meningkat 30,50% (year-on-year) menjadi 1.845,27 juta transaksi. Transaksi QRIS bahkan mencatat pertumbuhan signifikan sebesar 207,55% (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 51,43 juta dan merchant mencapai 33,21 juta. Data ini mempertegas pentingnya sinergi strategis dalam menciptakan ekosistem pembayaran yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.

Gretel Griselda, CEO ALTO Network mengatakan, kemitraan ini berfokus pada pengembangan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM), solusi pembayaran bagi UMKM, dan sistem pengelolaan kartu (Card Management System). Langkah ini juga sejalan dengan Visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

“Kolaborasi dengan MotionPay, E2Pay, dan Bank Jago adalah bukti nyata komitmen kami dalam membangun ekosistem pembayaran digital yang inklusif dan berkelanjutan. Inovasi menjadi kunci utama dalam menghadirkan solusi yang berdampak luas, baik untuk pelajar, pelaku UMKM, maupun konsumen e-commerce. Kami ingin memastikan setiap transaksi digital memberikan kemudahan, efisiensi, dan keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Gretel, dikutip Jum’at (13/12/2024).

Sejak berdiri pada tahun 1994, ALTO terus menghadirkan infrastruktur sistem pembayaran yang inovatif dan terpercaya. Hingga Oktober 2024, ALTO mengelola 9.177 unit ATM di seluruh Indonesia, sekaligus mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam layanan pembayaran contactless, QRIS, dan integrasi API. ALTO juga memperluas solusi di bidang Switching Services, Managed Service Solutions, dan Business Solutions untuk mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih komprehensif.

Dalam kemitraan bersama MotionPay, ALTO menghadirkan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM) sebagai Acquirer. Layanan ini memungkinkan merchant menerima pembayaran QRIS dari berbagai aplikasi dengan tambahan fitur seperti virtual account, disbursement, dan cardless withdrawal. Fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman transaksi yang praktis, aman, dan terintegrasi bagi pengguna MotionPay.

Sementara itu, kemitraan dengan E2Pay menargetkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan memperluas akses pembayaran QRIS, E2Pay membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan volume transaksi, dan memperkuat daya saing di tengah pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

Sedangkan kolaborasi dengan Bank Jago berfokus pada solusi Card Management System (CMS). Solusi ini didukung oleh jaringan internasional seperti Visa, Mastercard, dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), memastikan kenyamanan dan keamanan optimal bagi pengguna kartu sekaligus memperkuat infrastruktur pembayaran digital nasional.

“Kemitraan ini sejalan dengan visi kami untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat digital masa kini,” kata Peter, Direktur Utama Bank Jago.

Melalui kolaborasi ini, ALTO berharap dapat memperluas inklusi keuangan dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital.

“Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang kepercayaan. Kami ingin memastikan setiap lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat digitalisasi dengan solusi yang aman dan inovatif. Bersama-sama, kita dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang berkelanjutan,” tutup Gretel.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version