Alva Jonathan Raih Gelar Juara Dunia Overlock

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Jagoan overlock muda asal Indonesia Alva Jonathan berhasil meraih posisi teratas dalam sebuah kejuaraan dunia live overclock Kingston H.O.T yang diselenggarakan oleh Kingston di Fountain Valley, California, Amerika Serikat.

Alva mengalahkan 9 peserta final lainnya yang berasal dari Amerika Serikat, Brazil, Argentina, Polandia (juara 2 tahun berturut-turut), Italia, dan Afrika Selatan. Pencapaian prestasi membanggakan ini menjadikan Alva sebagai orang Asia pertama yang berhasil memenangkan kejuaraan dunia overclock bergengsi ini di Amerika Serikat.

“Saya sangat bersyukur dan sekaligus merasa sangat beruntung bisa memenangkan kejuaraan yang sangat bergengsi Kingston H.O.T tahun ini. Dari sisi persiapan, ini adalah kejuaraan dunia dengan persiapan paling minim yang pernah saya jalani. Seharusnya persiapan kejuaraan dunia seperti ini dilakukan selama beberapa minggu. Namun, sejak awal Desember saya sudah disibukkan dengan penyelenggaraan AOCT di Jabodetabek, demo overclock, dan langsung dilanjutkan dengan kejuaraan dunia di Wuhan, China di mana saya berhasil meraih posisi ke-3. Dalam sebulan meraih dua prestasi dunia adalah pencapaian yang membanggakan bagi saya pribadi. Lebih membanggakan karena saya membawa nama Indonesia,” ujar Alva.

Kejuaraan Dunia Overclocking HyperX OC Takeover (H.O.T.) diselenggarakan oleh produsen memori Kingston. Babak penyisihan untuk kejuaraan dunia ini dilakukan secara online. Dari kejuaraan online ini hanya sedikit overclocker terbaik dari setiap region yaitu Amerika Utara, Amerika Latin, EMEA (Eropa, Timur Tengah, Afrika), dan Asia yang berhak memperoleh undangan ke final kejuaraan dunia ini. Sesi final kejuaraan ini dilakukan di Fountain Valley, California, Amerika Serikat pada tanggal 16 – 17 Desember 2015 lalu.

Di babak final, Indonesia berhasil mengirimkan 2 wakilnya dengan mengalahkan seluruh peserta lain dari Asia. Mekanisme pertandingan dan penjurian dalam kejuaraan ini diserahkan kepada tim dari HWBOT.org. Situs yang menjadi acuan skor hasil pertandingan serta rekor dunia ini merupakan salah satu pihak yang paling antusias dalam pengembangan overclock di seluruh dunia.

Kejuaraan ini pun disiarkan secara live oleh overclocking-tv.com di kanal-kanal online mereka. Juara pertama lomba ini memperoleh hadiah senilai US$ 7000, juara kedua US$ 5000, dan juara ketiga US$ 3000.

 

Seminggu sebelumnya, pria kelahiran 2 Januari 1986 ini berhasil meraih posisi ke-3 dalam kejuaraan dunia overclock lain, yaitu Galaxy GOC di Wuhan, China.

Alva, dikenal juga dengan nickname Lucky_n00b, merupakan overclocker profesional asal Jakarta. Ia memulai debut di dunia overclocking sekitar awal tahun 2000-an, ketika ia masih menjadi murid SMP. Kini, Alva telah dianggap sebagai salah satu overclocker terbaik di Indonesia.

 

Prestasi Alva Jonathan:

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version