“Anak Cerdas” Melalui Program Literasi Keuangan Untuk Anak

“Anak Cerdas” Melalui Program Literasi Keuangan Untuk Anak 1

Program Edutech Anak Cerdas. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kehadiran program pembelajaran berbasis teknologi ini diharapkan dapat memfasilitasi orang tua dalam mengenalkan konsep dasar keuangan kepada anak dan membangun budaya pengelolaan uang yang bijak sejak dini di rumah.

Untuk itu, Bank HSBC Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia menggelar program edutech literasi keuangan Anak Cerdas dalam kegiatan Funancial Day yang digelar Minggu (19/1/2020) di Taman Wisata Anak, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.

Co Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan pemberian uang saku oleh orang tua kerap kali tidak disertai dengan tuntunan dan dorongan kepada anak untuk mengelola uang yang dimiliki. Selain faktor kebiasaan, terbatasnya media edukasi anak mengenai keterampilan ini juga menjadi penyebabnya.

“Karenanya, Edutech Anak Cerdas yang dapat dinikmati dengan mudah kini dapat menjadi opsi bagi orang tua untuk mulai menanamkan nilai-nilai finansial kepada anak. Pendekatan teknologi digital yang interaktif, aman, dan menyenangkan membuat pembelajaran pengelolaan uang yang komprehensif menjadi efektif dan mudah dipahami oleh anak-anak,” ucap Robert dalam keterangannya, Senin (20/1/2020).

Sebelum dikembangkan dalam versi daring pada akhir tahun 2018 lalu, Bank HSBC Indonesia dan PJI telah menginisiasi program Anak Cerdas digital versi luring di 67 sekolah dasar di 15 kota di Indonesia dengan proses pembelajaran menggunakan tablet. Sejak tahun 2015 hingga 2018, program Anak Cerdas dengan konten dan desain yang mampu menggugah semangat berdiskusi di kelas ini berhasil meningkatkan pemahaman keuangan 15.000 anak dari kisaran 40 persen hingga 50 persen menjadi sekitar 80 persen. Otoritas Jasa Keuangan juga baru merilis Survei Nasional Literasi Keuangan awal bulan ini yang menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia dari angka 29,7% pada tahun 2016 menjadi 38,03% tahun 2019.

Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko menuturkan dengan akses tanpa batas, kami ingin manfaat edutech Anak Cerdas dapat menjangkau lebih banyak anak-anak Indonesia. Hal ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

“Kami meyakini literasi keuangan adalah salah satu keterampilan masa depan yang perlu dipupuk sejak dini agar anak-anak dapat menjadi generasi cerdas finansial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat saat dewasa nanti,” kata Nuni.

Hanya dengan proses registrasi menggunakan alamat email, orang tua dapat memanfaatkan 15 sesi pembelajaran pengelolaan uang yang terbagi dalam tiga segmen, yaitu JA Ourselves, JA Our Community, dan JA Our City. Materi dan penyajiannya memberikan ruang diskusi bagi orang tua dan anak guna mengoptimalkan pemahaman anak terkait keuangan.

Usai menyelesaikan seluruh sesi di tiap segmen, anak akan memperoleh e-sertifikat ketuntasan program yang dikirimkan ke alamat email pendaftaran.


FAHRUL ANWAR

Exit mobile version