Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Baru 31% Perusahaan yang Memantau Kepuasan Pelanggannya

4 Juni 2024
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
customer experience

AI Jadi Standar Baru untuk Customer Experience di Asia Pasifik (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Walaupun banyak yang beranggapan bahwa pelanggan adalah raja, namun pada kenyataannya, belum semua perusahaan sadar akan pentingnya mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Bahkan, baru 31% Perusahaan yang memantau kepuasan pelanggannya.

Hal itu terungkap dari studi yang dilakukan perusahaan konsultan riset pasar Neurosensum, bekerja sama dengan platform survei dan analitik omnichannel berbasis AI, Surveysensum, tentang customer experience di Indonesia. Studi ini menyoroti perkembangan strategi pemahaman terkait kepuasan pelanggan di Indonesia.

Hasil studi itu menyebutkan, saat ini perusahaan di Indonesia telah memprioritaskan peningkatan customer experience secara signifikan. Di tahun 2024 ini telah meningkat menjadi 72% dari tahun 2023 yaitu sebesar 56%.

Studi ini juga memperkenalkan kerangka customer experience maturity dalam tiga tahap. Pertama, Passive Stage: Perusahaan yang masih menggunakan analisis manual dan melakukannya berdasarkan kebutuhan/ad hoc dan bukan bagian dari strategi keseluruhan.

Baca juga :   4 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Indonesia Spice Up the World

Kedua, Reactive Stage: Pada tahap ini, perusahaan mulai menggunakan dashboard analisi otomatis agar feedback terintegrasi langsung antar departemen. Mereka akan melakukan tindakan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan dengan pelanggan yang tidak puas.

Ketiga, Proactive Stage: Tahap ini perusahaan sudah sadar penuh dengan kebutuhan customer experience dengan menggunakan sistem analisis teks berbasis AI, analisis potensi penurunan pelanggan, Perusahaan sudah menggunakan data close loop untuk melakukan perbaikan pada produk maupun proses secara berlanjut.

“Saat ini customer experience maturity di Indonesia sudah berada dalam tahap reaktif bersamaan dengan Malaysia dan Thailand melampaui Filipina, Vietnam, dan Bangladesh yang masih dalam tahap Pasif. Sedangkan saat ini yang sudah lebih siap yaitu India, Russia, Dubai, Australia, Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat,” kata Vika Indriyasari Commercial Director Surveysenum, Selasa (4/6/2024).

Baca juga :   Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Pelayanan Ritel Lewat Metaverse

Menurut Vika ada beberapa tantangan yang dihadapi terkait customer experience ini. Antara lain, Tim yang sudah menggunakan customer experience belum menggunakan sistem yang mumpuni. Misalnya, pengambilan keputusan oleh customer experience leader.

Selain itu, sebanyak 63% responden menyatakan bahwa mereka tidak memiliki sistem teknologi yang terintegrasi, dan menurut 55% lainnya adalah kurangnya tampilan data/profil customer yang terkonsolidasi. Sementara itu, 54% responden menyatakan sangat sulit untuk bekerjasama dalam peningkatan customer experience ke departemen lain.

Berdasarkan data tersebut, Vika menambahkan bahwa terdapat tiga elemen yang “harus dimiliki” oleh program customer experience yang unggul yaitu adalah: Investasi dalam Tim dan juga peningkatan Keahlian tim Customer Experience, Teknologi Customer Experience yang lebih mumpuni (Platform Feedback untuk Customer Experience, Analisis Teks Berbasis AI, Analisis Prediktif untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan mendatang), dan Integrasi Teknologi antar pemangku kepentingan di perusahaan. (*AMBS)

Baca juga :   Riset UI : GoTo Financial Tingkatkan Inklusi Keuangan UMKM

 

Tags: customer experiencekepuasan pelanggan
Previous Post

Layanan GoCorp Milik GoTo Dukung Kebutuhan Transportasi Kedinasan PLN Group

Next Post

SEEK: 67% Masyarakat Indonesia Ingin Bekerja di Luar Negeri

Related Posts

customer experience
News

AI Jadi Standar Baru untuk Customer Experience di Asia Pasifik

14 Agustus 2025
0
Tokopedia - Customer experience
News

Tingkatkan Kualitas Customer Experience, Tokopedia Gelar START CX FIRST Summit 2023

13 September 2023
0
Tokopedia Care
News

Tokopedia Care, Maksimalkan Nilai Tambah Customer Experience

2 September 2023
0
Load More
Next Post
Talenta Digital

SEEK: 67% Masyarakat Indonesia Ingin Bekerja di Luar Negeri

Asisten Virtual Gen AI

Permudah Operasional Bisnis UMKM, ICS Compute Luncurkan Asisten Virtual Berbasis Gen AI

Token RWA

Ke Depan, Token Real Word Assets (RWA) Akan Mendominasi Dunia Kripto?

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version