Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Bulan Puasa Tidak Berhasil Menahan Masyarakat untuk “Puasa” Belanja Online

17 Juni 2017
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
Bulan Puasa Tidak Berhasil Menahan Masyarakat untuk “Puasa” Belanja Online

Belanja online sudah menjadi tren di Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Beberapa minggu lalu kami membuat riset untuk mencari tahu: Apakah ada prilaku unik konsumen online Indonesia pada saat bulan Ramadan? Jawabannya adalah: YA, ADA.

Kami membandingkan 400.000 pengunjung website iPrice pada periode dua minggu sebelum Ramadan (22 April – 4 Mei) dan dua minggu awal Ramadan (27 Mei – 8 Juni).

Setelah menganalisa data ini, kami menemukan beberapa perilaku unik:

  1. Masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur untuk belanja online. Ada peningkatan fantastis pengunjung website pada jam 5-6 pagi sebesar 400%
  2. Jam istirahat siang digunakan untuk belanja online. Ada peningkatan pengunjung website pada jam 12-13 sebesar 50%
  3. Pertumbuhan konsumen pria jauh lebih besar dari wanita. Pada periode bulan Ramadan, pertumbuhan jumlah konsumen baru pria mengalahkan wanita. Pria 45% dan wanita 33%.

 

Metodologi

Kami membandingkan lebih dari 400.000 akses pengguna ke website iPrice Indonesia, pada 2 minggu sebelum bulan Ramadan (22 April – 4 Mei) dan 2 minggu awal bulan Ramadan (27 Mei – 8 Juni).

Tujuan kami adalah untuk menganalisa keunikan prilaku konsumen online di Indonesia pada bulan Ramadan.

Baca juga :   UMKM Indonesia Butuh Digitalisasi untuk Segera Bangkit

Dari hasil analisa perbandingan ini, kami mendapatkan tiga temuan menarik mengenai konsumen online di Indonesia.

  1. Masyarakat Indonesia Menggunakan Waktu Sahur untuk Belanja Online

Dari hasil pengamatan kami, jika dibandingkan dengan periode dua minggu sebelum Ramadan, ada peningkatan pengunjung website yang fantasis pada jam 5-6 pagi, yaitu sebesar +400%.

Pada bulan Ramadan masyarakat muslim di Indonesia bangun lebih awal sekitar pukul 4 pagi untuk mempersiapkan dan menyantap sahur. Setelah sahur, mereka memiliki beberapa jam senggang yang bisa digunakan  untuk bersiap-siap menjalankan hari, baik sekolah, kuliah atau kerja.

Dari data yang kami dapatkan, bisa disimpulkan bahwa salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat pada pagi hari adalah mencari barang, promosi dan juga diskon dari toko-toko online.

Temuan menarik lain yang kami temukan adalah pada jam 5-6 pagi, jumlah konsumen online pria lebih banyak  4 – 5% dari wanita. Di sini kita bisa melihat bahwa pria cendrung menggunakan waktu paginya untuk mencari produk dan juga penawaran dari toko online.

Baca juga :   Akademi Digital Kemenkominfo digelar di UI

 

  1. Jam Istirahat Siang digunakan untuk Belanja Online

Selain jam pagi, data kami juga menunjukan lonjakan yang cukup signifikan pada jam istirahat siang, jam 12 – 1 siang. Jika dibandingkan dengan periode dua minggu sebelum lebaran, ada peningkatan cukup tinggi di jam 12 – 1 siang sebesar +50%.

Walaupun puasa, masyarakat yang sekolah, kuliah atau bekerja juga membutuhkan waktu istirahat sejenak dari tugas-tugas yang harus diselesaikan. Jika pada periode sebelumnya, masyarakat menggunakan waktu istirahat siang untuk makan dan minum, namun tidak pada bulan Ramadan.

Dari data yang kami kumpulkan, dapat dilihat bahwa salah satu aktifitas yang dilakukan masyarakat ketika istirahat siang hari adalah mencari produk atau promosi dari toko-toko online.

Pada jam siang, jumlah konsumen wanita lebih banyak 5% dibandingkan pria. Jika dibandungkan dengan poin sebelumnya, kita bisa melihat bahwa konsumen wanita lebih aktif melakukan belanja online pada siang hari.

 

  1. Pertumbuhan Konsumen Baru Pria Lebih Tinggi dari Wanita

Dari data yang kami kumpulkan, pertumbuhan jumlah konsumen baru pria lebih besar dari wanita pada periode Ramadan. Dibandingkan dengan periode dua minggu sebelum, konsumen baru pria meningkat 45%, sedangkan peningkatan konsumen baru wanita hanya sebesar 33%.

Baca juga :   P2P Lending Beri Dampak Positif bagi Perkembangan Bisnis UMKM

Mark Gungor menjelaskan bawha ada perbedaan antara otak wanita dan pria. Salah satu poin yang ia sampaikan ketika menjelaskan perbedaan pria dan wanita adalah “Men on a mission, women on a journey”. Hubungannya dengan belanja online adalah pria cendrung berorientasi pada misi dan juga tugas, sedangkan wanita lebih berorientasi pada pencarian.

Konsumen pria mengetahui bahwa akan banyak diskon dan juga promosi khusus dari toko-toko online pada bulan Ramadan. Sehingga, para pria yang memiliki “misi” atau ingin membeli sesuatu, memanfaatkan momentum Ramadan untuk berbelanja online.  Hal ini yang menyebabkan jumlah pertumbuhan konsumen baru pria lebih tinggi dari wanita.

Jika dibandingkan pada periode biasa, jumlah pertumbuhan konsumen baru wanita lebih tinggi tinggi dari pria. Wanita 5% dan pria 3%.

 

Andrew Prasatya, Senior Content Marketer iPriceGroup

Tags: belanja online RamadaniPriceGroup
Previous Post

Barang yang Diburu di e-Commerce Selama Ramadan

Next Post

Mitra Pengemudi Grab Indonesia Naik 574%

Related Posts

Mal Buka Diri Bagi Produk UMKM
News

Waspada Barang KW Saat Belanja di Masa Lebaran

30 Juni 2017
0
Load More
Next Post
GrabShare, Solusi Grab Untuk Kemacetan Jakarta.

Mitra Pengemudi Grab Indonesia Naik 574%

Midnite Sale Digelar Serentak Di 27 Mall

Midnite Sale Digelar Serentak Di 27 Mall

Tren Micro Gelar Kompetisi Keamanan Siber CTF 2017

Tren Micro Gelar Kompetisi Keamanan Siber CTF 2017

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version