Selasa, 23 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

e-Commerce Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022

4 Agustus 2022
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
tSurvey

Perluas Akses Platform Survei Digital, tSurvey.id Berkolaborasi dengan UGM (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perkembangan teknologi digital telah mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia memanfaatkan kanal digital untuk menjangkau pasar. Hasil survey tSurvey.id pasar dagang online (e-commerce) menjadi platform paling dipercaya umkm.

Berdasarkan hasil survei dari layanan survey digital milik Telkomsel ini didapati bahwa platform e-commerce menjadi andalan untuk aktivitas penjualan online UMKM. Hasil riset  bertajuk Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

Baca juga :   Kiat Tekuni Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

“Karena itu, tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku platform pasar dagang online dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar,” kata Alfian dalam keterangan pers, Kamis (4/8/2022).

Survey ini berlangsung dari 10 – 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Didapati bahwa platform e-commerce menjadi andalan adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%). Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%).

Baca juga :   NextDev Academy 2023, Perkuat Fundamental Startup Digital Indonesia

Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Baca juga :   6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

“Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform,” tutup Alfian.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commercesurvey digitalTelkomseltSurvey.id
Previous Post

Startup DTC Evo Raih Pendanaan US$600.000 Yang Dipimpin East Ventures

Next Post

NXC International Summit 2022 Dukung Lahirnya Startup Unicorn

Related Posts

Infobip - Telkomsel
Headline

Kembangkan RCS for Business di Indonesia, Telkomsel Gandeng Infobip dan Google

18 Desember 2025
0
AI Innovation Hub
Headline

AI Innovation Hub Upaya Dorong Akselerasi Talenta dan Inovasi Ekosistem AI Nasional

18 Desember 2025
0
Program Terampil di Awan 2.0 Kolaborasi Telkomsel dan AWS, Luluskan 750 Talenta Digital Disabilitas
News

Program Terampil di Awan 2.0 Kolaborasi Telkomsel dan AWS, Luluskan 750 Talenta Digital Disabilitas

15 Desember 2025
0
Load More
Next Post
Nexticorn

NXC International Summit 2022 Dukung Lahirnya Startup Unicorn

Asean Para Games 2022

Ini 5 Hal Unik di Ajang 11th ASEAN Para Games 2022

Florist

Kembangkan Bisnis Florist, Mahasiswa UKDW Peroleh Hibah P2MW

Discussion about this post

Recent Updates

pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia Alami Kalibrasi di Tahun 2025

23 Desember 2025
ekosistem Fintech

IFSoc Dorong Keberlanjutan Ekosistem Fintech di Tengah Tantangan Fraud, AI, dan Integrasi Regional

22 Desember 2025
BCA Berbagi Ilmu

BCA Beri Beasiswa Penuh Untuk Anak Muda Berprestasi Berkuliah Di Bidang Teknologi

22 Desember 2025
grabfood

Tren Konsumsi Makanan Minuman Lewat GrabFood Meningkat di Wilayah Luar Jawa

22 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia Alami Kalibrasi di Tahun 2025

23 Desember 2025
ekosistem Fintech

IFSoc Dorong Keberlanjutan Ekosistem Fintech di Tengah Tantangan Fraud, AI, dan Integrasi Regional

22 Desember 2025
BCA Berbagi Ilmu

BCA Beri Beasiswa Penuh Untuk Anak Muda Berprestasi Berkuliah Di Bidang Teknologi

22 Desember 2025
grabfood

Tren Konsumsi Makanan Minuman Lewat GrabFood Meningkat di Wilayah Luar Jawa

22 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version