e-Commerce Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022

tSurvey

Perluas Akses Platform Survei Digital, tSurvey.id Berkolaborasi dengan UGM (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan teknologi digital telah mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia memanfaatkan kanal digital untuk menjangkau pasar. Hasil survey tSurvey.id pasar dagang online (e-commerce) menjadi platform paling dipercaya umkm.

Berdasarkan hasil survei dari layanan survey digital milik Telkomsel ini didapati bahwa platform e-commerce menjadi andalan untuk aktivitas penjualan online UMKM. Hasil riset  bertajuk Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“Karena itu, tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku platform pasar dagang online dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar,” kata Alfian dalam keterangan pers, Kamis (4/8/2022).

Survey ini berlangsung dari 10 – 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Didapati bahwa platform e-commerce menjadi andalan adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%). Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%).

Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

“Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform,” tutup Alfian.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version