Kamis, 19 Mei 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Geliat Wirausaha Para Perempuan di Tanah Air

21 April 2022
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
The Womenpreneurial Spirit in Indonesia

Geliat Wirausaha Para Perempuan di Tanah Air (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Survei terbaru Populix berjudul The Womenpreneurial Spirit in Indonesia memperlihatkan bahwa mayoritas perempuan Indonesia pernah berwirausaha untuk mencari penghasilan tambahan.

Survei yang mencakup insights seputar landskap perempuan pelaku UMKM di Tanah Air ini dilakukan pada tanggal 1-9 Maret 2022 terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia.

“Sebagai kelompok mayoritas di kalangan pelaku UMKM, perempuan berperan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional. Terlepas dari ukuran bisnis yang dijalankan, di antara para perempuan yang disurvei, 79% responden mengatakan bahwa mereka pernah menjalankan usaha dengan menjual produk atau menawarkan jasa, dan mayoritas responden tersebut mengatakan akan terus menjalankan usahanya di masa depan,” ujar Eileen Kamtawijoyo, Chief Operating Officer Populix, dalam keterangan resminya, Kamis (21/4/2022).

Survei menunjukkan bahwa 53% responden perempuan pernah menjual produk buatan orang lain, 33% menjual produk buatan sendiri, 30% menawarkan jasa, 13% membuat produk untuk dijual oleh orang lain, dan 10% bergabung menjadi anggota pemasaran bertingkat (Multi-Level Marketing/MLM).

Adapun jenis produk yang paling banyak dijual oleh responden perempuan adalah makanan (56%), pakaian (41%), dan kosmetik (27%). Sementara itu, juru ketik (14%), joki (9%), endorsement (6%), layanan antar-jemput (6%), dan jasa penerjemah (3%) merupakan pekerjaan sampingan dan layanan jasa yang paling banyak digeluti oleh perempuan Indonesia.

Baca juga :   Layanan Riset Self Service Ini Permudah UMKM dan Mahasiswa Lakukan Survei

Untuk mempromosikan usaha mereka, para perempuan memilih untuk menggunakan platform pemasaran digital dan word-of-mouth. Secara khusus, tiga saluran utama yang dipilih adalah aplikasi pengiriman pesan (WhatsApp, Line, dan sebagainya), media sosial (Facebook, Instagram, TikTok dan sebagainya), serta menawarkan langsung kepada teman dan keluarga.

Alasan utama yang mendorong perempuan memutuskan untuk berwirausaha adalah menambah penghasilan pribadi (74%). Selain itu, para perempuan juga menjalankan usaha untuk mengisi waktu luang (47%), membantu perekonomian keluarga (35%), mencari kesenangan (25%), dan memanfaatkan momentum (19%).

Terdapat 43% responden perempuan yang mengatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momentum Ramadan untuk menjalankan usaha. Di antara responden tersebut, sebanyak 66% responden berencana untuk menjual makanan, 37% responden berencana untuk menjual aneka minuman, dan 35% responden akan menjual pakaian.

Baca juga :   Femalepreneur Indonesia dan OJK Indonesia Gelar Program UMK Champion Bootcamp

Survey juga menunjukkan bahwa 5 dari 10 responden perempuan masih menjalankan usaha secara aktif, dan 65% responden berencana untuk terus menjalankan usahanya di masa depan.

“Untuk menjaga daya saing, pelaku UMKM dituntut untuk terus beradaptasi mengikuti perkembangan digital dan permintaan pasar. Kami memiliki layanan survei self-service Poplite yang dapat digunakan para pelaku UMKM, termasuk mereka yang sempat berhenti dan berencana untuk kembali memulai usahanya. Dengan Poplite, para pelaku UMKM bisa membuat survei sederhana untuk mengetahui persepsi calon pelanggan terhadap usaha yang akan kembali mereka geluti. Dengan begitu para pelaku UMKM ini bisa mengikuti perkembangan tren pasar, bahkan melakukan inovasi produk atau jasa yang mereka tawarkan, dan mendapatkan penghasilan yang lebih maksimal,” pungkas Eileen. (*AMBS)

Tags: perempuan pelaku UMKMPopulixThe Womenpreneurial Spirit in Indonesiawirausaha perempuan
Previous Post

Permudah Investasi dengan Top Up, Pluang Berkolaborasi dengan ShopeePay

Next Post

Dukung Ekosistem Digital Di Kawasan Regional, Telin Jalin Kemitraan Strategis Dengan Telekom Malaysia Bhd

Related Posts

Aset Kripto
Analyze

Siasat Investasi Kripto saat Pergerakan Pasar sedang Lesu

15 Mei 2022
0
Metaverse
Analyze

Bersiap Menuju Realita Metaverse dengan Edge Computing

14 April 2022
0
Artificial Intelligence
Analyze

Mau Menerapkan Artificial Intelligence Pada Bisnis? Hindari Kesalahan Umum Ini

3 April 2022
0
Load More
Next Post
Telin x TM

Dukung Ekosistem Digital Di Kawasan Regional, Telin Jalin Kemitraan Strategis Dengan Telekom Malaysia Bhd

Abraham Viktor

Startup Kuliner Multi Brand Hangry Raih Pendanaan Rp 316 Miliar

Jenius Langkah Kecil

Hanya Butuh Langkah Kecil Untuk Mulai Lakukan Kebiasaan Finansial Yang Baik

Discussion about this post

Berita Terbaru

Jam tangan Totem

Timex dan ORBITGear Berkolaborasi Ciptakan Jam Tangan “TOTEM” Edisi Terbatas

19 Mei 2022
0
indodana paylater

Optimalkan BNPL Lebih Luas Ke Masyarakat, Indodana Gandeng BimoPay

19 Mei 2022
0
Irzan Raditya

Implementasi Teknologi AICX Bisnis Kata.ai Tumbuh 80%

19 Mei 2022
0
McD

McDonalds Indonesia Tingkatkan Teknologi dan Perawatan Untuk Ayam Konsumsi

19 Mei 2022
0
Timnas Free Fire Indonesia

Garena Beri Apresiasi Hingga Rp 1 Miliar Bagi Timnas Free Fire Indonesia Peraih Medali Di SEA Games 2021

19 Mei 2022
0
Huawei Freebuds SE

Perangkat TWS Ini Dukung Aktivitas Multitasking di Kelas Entry Level

19 Mei 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version