Minggu, 3 Juli 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Indonesia Mengalami Peningkatan Penjualan Ritel Terkuat dalam Dua Tahun Terakhir

21 Mei 2022
in Analyze
Reading Time: 3 mins read
penjualan ritel

Indonesia Mengalami Peningkatan Penjualan Ritel Terkuat dalam Dua Tahun Terakhir (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Penjualan ritel online di Indonesia mengalami lonjakan 46% pada dua minggu pertama Ramadan 2022. Hal ini terungkap dari hasil penelitian Criteo mengenai penjualan ritel regional terbaru yang telah diamati selama Ramadan, termasuk kinerja penjualan dalam tiga minggu pertama pada bulan April 2022.

“Dengan pelonggaran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan, lebih banyak konsumen di kawasan ini mungkin sudah menunggu-nunggu untuk dapat kembali mengadakan silaturahmi kembali, berkunjung rumah ke rumah atau merencanakan perjalanan domestik dan internasional, sehingga bisa merayakan Lebaran tahun ini bersama keluarga di kampung halaman mereka. Hasilnya, kami melihat peningkatan penjualan ritel terbesar pada tahun 2022, dibandingkan dengan dua tahun terahir,” jelas Sukesh Singh, Head of Large Customers, Southeast Asia at Criteo, dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (21/5/2022).

Tren ini juga dilaporkan Bank Indonesia, di mana nilai transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat pada kuartal kedua 2022, sebagaimana sejalan dengan adanya momentum Ramadan dan Lebaran yang dapat meningkatkan belanja online masyarakat. Tercatat total nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 sebesar Rp 30,8 triliun, naik 12,82% YoY dibandingkan tahun 2021.

Pada Maret 2022, Survei Penjualan Eceran (SPE), Bank Indonesia juga menemukan kinerja penjualan ritel secara keseluruhan meningkat, di mana Indeks Penjualan Riil bulan itu naik menjadi 205,3 atau meningkat 2,6% (MtM). Penjualan ritel di hampir pada semua grup kategori, mencatatkan lonjakan karena meningkatnya permintaan masyarakat seiring dengan kelonggaran regulasi mobilitas, turunnya kasus COVID-19, dan persiapan bulan Ramadan. Secara tahunun, penjualan ritel terus mencatat pertumbuhan tinggi sebesar 9.3% (YoY).

Baca juga :   Penjualan Online Naik 105% Selama Ramadan

Di seluruh pasar wilayah ini, Indonesia mengalami peningkatan paling tajam selama penjualan double days pada 4 April, sebesar 85%. Ini diikuti oleh Singapura (+59%) dan Malaysia (+30%) pada hari yang sama.

Efek double days pada 4 April sebagian besar terlihat pada penjualan melalui aplikasi yang tumbuh sebesar 87% selama Ramadan 2022. Diikuti oleh peningkatan signifikan sebesar 119% pada 18 April 2022, terutama untuk penjualan dari desktop. Ini menunjukkan bahwa konsumen saat ini menghabiskan lebih banyak waktu secara online, membeli lebih banyak secara online, dan membeli lebih banyak barang baru secara online – termasuk produk dalam katergori yang biasanya mereka beli di toko sebelum pandemi.

Di Indonesia terdapat tren belanja online yang meningkat pada minggu pertama Ramadan 2021, yang menunjukkan bahwa secara umum terjadi peningkatan signifikan dalam pembelian beberapa produk, seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari, baju muslim atau baju lainnya, serta produk TV & Home Studio. Dari sisi transaksi, rata-rata terjadi peningkatan dua kali lipat dibandingkan transaksi harian sebelum Ramadan. Selain itu, karena situasi pandemi, terdapat lebih banyak pembeli yang beralih dari pembelian offline ke online untuk perayaan Idul Fitri.

Baca juga :   Empat Langkah Membangun Pondasi Pemasaran Digital yang Tepat Sasaran

Pada Idul Fitri 2021, penjualan ritel di beberapa kategori produk bangkit kembali dengan Tasbih dan Kelengkapan Keagamaan mengalami peningkatan penjualan terbesar di saat Idul Fitri. Pasar seperti Indonesia dan Malaysia juga mengalami peningkatan 40% dalam penjualan ritel pasca Idul Fitri 2021, menandakan pentingnya kampanye penjualan ritel yang berkelanjutan.

Bagi konsumen Indonesia sendiri, pengiriman gratis menjadi motivator terkuat untuk pembelian online mereka (78%) diikuti dengan diskon dan promosi. Sedangkan penggunaan voucher dan cashback kurang diminati banyak konsumen.

“Dengan pelonggoran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan, kemungkinan pengeluaran berbelanja oleh konsumen selama periode perayaan ini akan tetap lebih tinggi dari dua tahun terkahir. Dengan demikian, persaingan di seluruh platform fisik dan digital semakin ketat di tengah COVID-19, sehingga sangat penting bagi brands untuk lebih memahami perilaku pembeli agar tetap kompetitif selama periode penjualan ini,” saran Singh.

Untuk itu, lanjut Singh, pihak Criteo merekomendasikan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pengelola brand:

  • Perkuat strategi omni-channelAnda: Pembeli di semua generasi semakin mengambil jalur hybrid untuk membeli sesuatu. Meskipun tidak semua konsumen akan melakukan pembelian di toko fisik, mereka telah menyatakan pentingnya dalam menyelesaikan perjalanan belanja mereka. Misalnya, lebih dari 50% dari survei yang telah dilakukan di Indonesia kemungkinan besar melakukan pembelian secara online setelah melihat produknya secara fisik di toko ritel. Oleh karena itu, pengecer dan brands harus fokus untuk memberikan pengalaman offline ke online yang mulus. Pada akhirnya, untuk membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan jangka panjang dapat dilakukan dengan mendorong nilai yang lekang bagi pelanggan.
  • Kampanye berkelanjutan itu penting, tetapi jangan abaikan double days:Melihat lonjakan penjualan yang konsisten di seluruh penjualan double days di kawasan ini, termasuk 5:5 pada tahun 2021 dan 4:4 pada tahun 2022, brands dan pengecer juga harus mengambil kesempatan ini untuk menciptakan iklan dan kampanye penjualan double days yang berbeda untuk mendorong pembelian yang lebih besar pada tahun 2022. Upaya ini tidak bisa bersifat jangka pendek atau hanya sekali, karena kita telah menyaksikan lonjakan penjualan ritel yang banyak diminati bahkan setelah Idul Fitri.
  • Mengembangkan strategi media perdagangan:Karena data pembeli terus terkumpul secara online, brands dan pengecer dapat meningkatkan database pihak pertama mereka dengan data perdagangan untuk mendorong hasil perdagangan dan menciptakan kampanye kesadaran, pertimbangan, dan konversi yang berkelanjutan selama periode perayaan ini, serta seterusnya.
Baca juga :   Ingin Jadi Chef Profesional? Kuasai 7 Skill Ini!

“Untuk brands dan pengecer, keinginan konsumen yang meningkat telah membawa lebih banyak peluang bagi mereka untuk mendorong pengeluaran selama periode perayaan melalui kampanye penjualan yang lebih bertarget dan berbeda,” pungkas Singh. (*AMBS)

 

Tags: CriteoPenjualan Ritel
Previous Post

Huawei Akan Investasi Pada Ekonomi Digital di Asia Pasifik Termasuk Indonesia

Next Post

Perusahaan Patungan MCash dan SiCepat Berinvestasi Ke Startup Kecerdasan Buatan

Related Posts

pemasaran digital
Analyze

Empat Langkah Membangun Pondasi Pemasaran Digital yang Tepat Sasaran

30 Juni 2022
0
ICAEW: Ekonomi Indonesia dan Asia Tenggara Diprediksi Bangkit di 2021
Analyze

ICAEW: Ekonomi Indonesia Diproyeksikan Tumbuh Sebesar 5,7% di 2022

25 Juni 2022
0
Non-Fungible Token - NFT
Analyze

3 Hal Yang Perlu Diatasi Untuk Menghindari NFT Menjadi Bubble

8 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Lenna.ai

Perusahaan Patungan MCash dan SiCepat Berinvestasi Ke Startup Kecerdasan Buatan

Perempuan perkotaan

Solusi Teknologi Smart City Dorong Kota Yang Aman dan Inklusif Bagi Perempuan

Metaverse

Metaverse Jadi Ekonomi Baru, Perputaran Uang Bisa Capai US$ 3 Triliun

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Connect with
Login
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
Notify of
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terbaru

Collabonation Tour

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
crowde

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
Sampoerna University

Upaya Sampoerna University Tumbuhkan Kreativitas Berwirausaha

2 Juli 2022
0
Film Kau dan Dia

Film Drama “Kau dan Dia” Sukses Raih 8 Juta Penonton di Platform Streaming

2 Juli 2022
0
Web3

TezAsia, Hackathon Web3 Berhadiah Hingga Rp3 Miliar

2 Juli 2022
0
SehatQ

Tepis Rumor SehatQ Luncurkan Layanan VIP

2 Juli 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

wpDiscuz
0
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
| Reply

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version