Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Influencer Marketing: Disukai Konsumen, Dilirik Brand

26 Juni 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Influencer marketing

Pemasaran Afiliasi Jadi Penggerak Kuat Pertumbuhan Commerce Influencer (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini, influencer marketing terus menjadi pendorong bagi brand dan pemasar. Bahkan, pangsa pasar influencer marketing ini diprediksikan akan melampaui US$19 miliar pada tahun 2023 dan mencapai US$30 miliar pada tahun 2027.

Hal itu terungkap dari laporan terbaru platform influencer marketing Partipost, bersama MSW Ventures, berjudul “Asia Pacific Insights: Influencer Marketing Report 2023”.

Laporan itu menyebutkan bahwa dalam menjalankan marketing campaign terdapat dua kata kunci utama yang krusial yaitu otentisitas dan kepercayaan, yang menjadi faktor kesuksesan dalam bekerja sama dengan influencer.

“Baik dari sisi brand dan konsumen setuju bahwa hubungan yang otentik antara influencer dengan komunitas mampu membuat konten rekomendasi yang dianggap lebih kredibel,” kata pihak Partipost dalam keterangannya, Senin (26/6/2023).

Berdasarkan laporan ini, lebih dari 86% pengguna media sosial lebih menyukai akun influencer daripada akun brand karena konten yang dinilai lebih jujur dan relevan.

Baca juga :   Garap Pasar e-Commerce, Trisula Group Luncurkan Yukshopping.com

Seiring dengan semakin terbiasanya pelanggan dalam menggunakan media sosial untuk saling terhubung, mencari informasi, dan membuat keputusan pembelian, brand melihat peluang berkolaborasi dengan influencer dan semakin memanfaatkan strategi tersebut untuk menjangkau calon pelanggan, membangun brand awareness, dan meningkatkan konversi penjualan.

Hasil survey menunjukkan bahwa terdapat peningkatan investasi yang dilakukan oleh brand untuk influencer marketing: tahun 2023 terdapat 87,8% brand yang berinvestasi dalam influencer marketing, meningkat dibandingkan tahun 2021 sebesar 73.2%.

Selain itu, hampir 60% brand berencana mengalokasikan 10-50% dari anggaran marketing untuk influencer marketing di tahun 2023 karena telah melihat efisiensi dari strategi tersebut, dan dinilai sebagai branded content yang paling terjangkau. Survei ini juga menunjukan bahwa brand semakin konsisten menjalankan campaign dengan influencer, jumlah brand yang bekerja sama dengan influencer selalu meningkat tiap tahunnya.

Baca juga :   Hubungkan Influencer dengan Aplikasi, AnyMind Group Luncurkan AnyTag Performance for Apps

Sejatinya, kategori influencer marketing sangat beragam jika dilihat dari jumlah pengikutnya. Berdasarkan hasil survey, nano influencer adalah kategori influencer yang paling banyak diikuti oleh pengguna media sosial (58%), dan 54,4% responden setuju bahwa nano influencer memiliki dampak paling besar terhadap keputusan pembelian.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa di tahun 2023, pengguna media sosial memiliki minat tinggi terhadap konten video pendek, lebih dari 50% pengguna sosial media lebih menyukai jenis konten video pendek (short video) saat influencer membuat rekomendasi produk atau jasa.

TikTok dan Instagram Reels adalah dua jenis platform untuk mempublikasikan konten brand dari para influencer. Laporan ini juga menunjukkan, terdapat peningkatan sebesar 83,6% pengguna media sosial yang lebih menyukai TikTok di 2023 dibandingkan tahun 2022.

Baca juga :   Ini Cara Membuat Konten Kreatif untuk Promosi Digital UKM

Di Indonesia, kerja sama dengan influencer bukanlah hal yang baru dilakukan oleh para pelaku usaha. Ternyata strategi ini kian populer di kalangan brand, pada tahun 2023, lebih dari separuh atau sebanyak 57,5% brand di Indonesia menetapkan anggaran marketing di atas Rp100 juta, dan terdapat 55% brand di Indonesia yang menghabiskan 10-50% anggaran marketing untuk influencer marketing.

Berdasarkan laporan ini, Instagram Reels dan TikTok saat ini sangat populer di kalangan pengguna media sosial di Indonesia. Uniknya, hampir 94% masyarakat Indonesia perlu melihat produk/jasa yang dipromosikan oleh influencer minimal 2 kali sebelum melakukan pembelian. Mereka juga lebih terpengaruh oleh produk yang direkomendasikan oleh banyak influencer dalam jangka waktu tertentu. (*AMBS)

 

Tags: influencer marketingMSW VenturesPartipostplatform influencer marketing
Previous Post

Permudah Investasi Saham, BRIDS Rilis Fitur “Yuk Nabung Saham” di Aplikasi BRIGHTS

Next Post

Honda dan UI Jalin Kerja Sama Edukasi dan Riset Teknologi Elektrifikasi

Related Posts

Lazada Affiliate Berdayakan Pelanggan Hingga Kreator Raih Pendapatan Yang Sepadan
Headline

Lazada Affiliate Berdayakan Pelanggan Hingga Kreator Raih Pendapatan Yang Sepadan

21 Agustus 2025
0
Influencer marketing
News

Hubungkan Influencer dengan Aplikasi, AnyMind Group Luncurkan AnyTag Performance for Apps

23 November 2023
0
InfluenceID
Headline

Startup Influence ID Tangkap Besarnya Potensi Pasar Influencer Marketing di Indonesia

28 Oktober 2023
0
Load More
Next Post
Honda x UI

Honda dan UI Jalin Kerja Sama Edukasi dan Riset Teknologi Elektrifikasi

visi terdesentralisasi crypto

Apakah Visi Terdesentralisasi dari Crypto Mulai Memudar?

REALME LEAGUE Season 2

Alter Ego Ares Juarai Realme League Season 2

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version