Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner di Tengah Pandemi

4 Oktober 2021
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
kuliner

Ingin sukses berbisnis kuliner? Ini kiatnya (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - PPKM darurat yang diberlakukan mulai Juni lalu memang memberikan dampak yang sangat signifikan untuk para pelaku bisnis di Indonesia. Pusat perbelanjaan ditutup operasionalnya, penutupan akses transportasi umum, hingga tempat makan yang tidak diperbolehkan menerima pelanggan dine-in.

Tentunya, hal ini secara langsung mempengaruhi pemasukan dari beragam industri bisnis, tidak terkecuali restoran. Berdasarkan data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sepanjang tahun 2020 sebanyak 1.033 restoran resmi tutup secara permanen di Indonesia.

Jika kita tarik kondisi industri kuliner ke periode sebelum pandemi, masih banyak yang menggantungkan transaksi harian dari dine-in. Kalaupun sudah menggunakan pemesanan online, biasanya masih banyak yang hanya mengoptimalkan pemesanan eksklusif melalui WA atau media sosial.

Baca juga :   Andy Fajar Handika : Penuhi Pesanan Makan Siang Konsumen

Untuk itu dibutuhkan adaptasi yang cepat dengan mengimplementasikan beragam solusi terkini, agar pelaku bisnis bisa mempertahankan usahanya. Nah, langkah-langkah apa saja yang sebaiknya diambil? Berikut beberapa tips yang dirangkum oleh tim OttoPoint, penyedia layanan loyalitas pelanggan:

  1. Maksimalkan platform dan media online

Peningkatan tren pemesanan online, mau tidak mau mempengaruhi penyesuaian strategi penjualan dan promosi yang berbeda dari beberapa tahun silam. Pertama, bisa secara perlahan mengembangkan frozen food. Biayanya lebih efisien, makanan lebih tahan lama, selain itu dapat dijual lebih luas melalui e-commerce seperti Tokopedia.

Kedua, para pelaku bisnis sebaiknya mulai secara kreatif membuat konten promosi melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook dan lainnya. Pada riset yang dirangkum oleh We Are Social, dari 274,9 juta penduduk di Indonesia, sekitar 170 juta orang adalah pengguna aktif media sosial.

  1. Mulai terapkan strategi marketing yang efektif dari sekarang
Baca juga :   Kisarasa, Panggung bagi Wirausaha Mikro di Bisnis Kuliner

Pandemi bisa menjadi waktu yang cocok untuk memikirkan kembali strategi marketing yang efektif dan berkelanjutan.

Selain itu, hal terpenting yaitu pelaku bisnis juga bisa mengumpulkan database pelanggan yang nantinya berguna untuk mengenal perilaku transaksi maupun preferensi mereka terhadap produk tertentu.

  1. Gunakan Database Untuk Strategi Marketing Terfokus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, database yang didapatkan berguna untuk lebih ‘kenal’ tentang kebiasaan pelanggan. Hal ini tentunya berdampak positif untuk membuat strategi marketing yang efisien dan tepat sasaran. Kinerja marketing akhirnya bisa diukur dengan lebih efektif juga, serta mencapai hasil yang lebih maksimal. Pelanggan pun lebih nyaman, karena mereka mendapatkan konten marketing yang sesuai dengan kebiasaan dan pilihan personalnya. Sehingga mereka tidak lagi  merasa terganggu dengan konten atau iklan yang tidak relevan. Harapan akhirnya, mereka tertarik untuk bertransaksi kembali.

Baca juga :   5 Bisnis Kuliner Potensial versi GoFood di 2020

Tentunya semua orang menginginkan pandemi segera berlalu. Tetapi karena belum tahu kondisi ini sampai kapan, maka sebaiknya para pelaku bisnis segera mengadopsi strategi marketing baru yang menguntungkan pada saat ini. Sehingga langkah tersebut bukan saja bisa berguna untuk masa sekarang, namun juga masa-masa mendatang. (*AMBS)

 

 

Tags: bisnis kulinerdine inOttoPointpemesanan onlinePerhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)
Previous Post

Reels Akan Bisa Digunakan di Facebook

Next Post

Inovasi Alat Pendeteksi dan Tangkap Ikan Ini Raih Medali Emas di Ajang WICE 2021

Related Posts

Kisarasa
Headline

Kisarasa, Panggung bagi Wirausaha Mikro di Bisnis Kuliner

28 Maret 2025
0
aplikasi OLIN
News

ESB Kembangkan Sistem POS Berbasis AI untuk Bisnis Kuliner

24 Mei 2024
0
Kuliner Gen Z dan Milenial
Analyze

Gen Z dan Milenial Lebih Suka Membeli Makan daripada Memasak Sendiri

1 Juni 2023
0
Load More
Next Post
ikan tuna

Inovasi Alat Pendeteksi dan Tangkap Ikan Ini Raih Medali Emas di Ajang WICE 2021

Coworking space

Pasca Covid-19, Tempat Kerja Dituntut Menjadi Fleksibel dan Hybrid

Ajaib

Ajaib Sandang Status Unicorn Ke-7 di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version