youngster.id - Hasil “Laporan Tren Perjalanan 2023” atau “2023 Travel Trends Report” dari aplikasi perjalanan Hopper menunjukkan sebagian besar pelancong Milenial dan Gen Z merencanakan anggaran perjalanan yang lebih besar untuk 2023. Untuk itu mereka suka berburu promo saat memesan penerbangan, dan akomodasi hotel.
Laporan itu hasil survei terhadap 1.500 pengguna aplikasi perjalanan Hopper. Sekitar 70% pengguna Hopper berusia antara 18 dan 35 tahun. Hasilnya, sekitar 84% – terutama pelancong Milenial dan Gen Z – yang berencana menghabiskan lebih banyak uang untuk bepergian di tahun ini.
“Ini bukan berarti pelancong Milenial dan Gen Z memiliki anggaran yang tidak terbatas, dan mereka menghabiskan semua uang mereka untuk bepergian. Tetapi Mereka sangat sensitif terhadap harga untuk mendapatkan lebih banyak dari anggaran (budget) mereka,” kata Hayley Berg ekonom Hopper yang dilansir Reuters pada Jumat (7/4/2023)
Menurut dia, para pengguna Hopper cenderung sensitif terhadap harga, dan memesan penerbangan termurah yang tersedia. Karena itu, mereka menghabiskan lebih dari separuh waktu untuk memeriksa harga lebih sering dibandingkan pada 2019, sebelum pandemi.
Selain itu, para pengguna juga memeriksa harga perjalanan domestik pada 2022 rata-rata 16 kali sebelum melakukan pemesanan. Angka ini meningkat 33% dari 2019. Ada pun harga untuk perjalanan internasional diperiksa 50% lebih sering dibandingkan 2019.
“Meskipun mereka merencanakan lebih banyak di menit-menit terakhir, mereka jauh lebih sering memeriksa harga sebelum dan sesudah memesan,” tambah Berg.
Diungkapkan juga oleh perusahaan, meskipun wisatawan Milenial dan Gen Z tercatat melakukan pemesanan lebih awal pada 2019 daripada populasi lainnya, mereka makin enggan melakukan pemesanan. Di sisi lain, waktu perencanaan perjalanan telah mengalami penurunan 30% jika dibandingkan dengan 2019.
STEVY WIDIA
Discussion about this post