Rabu, 1 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Minat Belanja Online dan Pembayaran Digital Meningkat Setiap Periode Khusus

16 Desember 2022
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
Midtrans

Belanja dan transaksi online disukai generasi muda. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan.  Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.

Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan, pada tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

“Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” kata Dea dalam keterangan pers, Jumat (16/12/2022).

Baca juga :   Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

Dia menerangkan, sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online.

“Midtrans senantiasa berkomitmen untuk menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan layanan payment gateway yang terpercaya untuk kebutuhan usaha. Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital  untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.” tambah Dea.

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:

Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca juga :   Tantangan dan Pengelolaan Keamanan dalam Mengembangkan Super App

Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit, Dorong Minat Belanja Online

Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di  merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank. Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

“Teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway,” ujarnya.

Kemudahan Checkout di Website dan Aplikasi Dorong Konversi Penjualan Merchant

Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant. Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant.

Baca juga :   4 Alasan Pentingnya Memiliki Dana Darurat di Masa Ketidakpastian

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tutup Dea.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinee-commerceGoTo FinancialmarketplaceMidtranstransaksi onlineUMKM
Previous Post

COSMOS Jadi Lembaga Think-Tank Untuk Pengembangan UKM Indonesia

Next Post

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
Tokopedia
Analyze

Mau Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil? Ini Tipsnya

11 Januari 2023
0
strategi bisnis
Analyze

4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis Hadapi Tantangan Ekonomi 2023

5 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Hari Mitra Grab

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

CARIpreneur 2022

Kompetisi CARIpreneur Bantu UMKM Untuk Kolaborasi Antar Ekosistem

Toko Virtual Meta

Meta Luncurkan Toko Avatar Untuk Pengguna Indonesia

Discussion about this post

Berita Terbaru

Gerakan #OneActionOneTree

Gerakan #OneActionOneTree Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

1 Februari 2023
0
Aplikasi “Amazing Sleman” Promosi Pariwisata Sleman

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

1 Februari 2023
0
Etiket.id

Startup Etiket.id Tawarkan Kemudahan bagi Penikmat Musik dan Industri Hiburan

1 Februari 2023
0
Ayoconnect

Ayoconnect dan Mastercard Hadirkan Inovasi Berbasis Rekening Bank dan Open Finance

1 Februari 2023
0
OYO

Industri Perhotelan Pulih, OYO Tambahkan Pilihan Akomodasi Segmen Premium

1 Februari 2023
0
Teknologi pertanian

Startup Terra Asri Hadirkan Aplikasi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Petani

1 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version