Minggu, 16 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Minat Belanja Online dan Pembayaran Digital Meningkat Setiap Periode Khusus

16 Desember 2022
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
Midtrans

Belanja dan transaksi online disukai generasi muda. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan.  Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.

Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan, pada tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

“Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” kata Dea dalam keterangan pers, Jumat (16/12/2022).

Baca juga :   BukuKas Luncurkan Fitur Pembayaran Untuk Permudah Transaksi Bisnis UMKM Indonesia

Dia menerangkan, sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online.

“Midtrans senantiasa berkomitmen untuk menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan layanan payment gateway yang terpercaya untuk kebutuhan usaha. Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital  untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.” tambah Dea.

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:

Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca juga :   3 Tren Pariwisata yang Muncul Pasca Pandemi

Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit, Dorong Minat Belanja Online

Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di  merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank. Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

“Teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway,” ujarnya.

Kemudahan Checkout di Website dan Aplikasi Dorong Konversi Penjualan Merchant

Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant. Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant.

Baca juga :   Indonesia Pengguna Aplikasi e-Commerce Terbesar Ketiga di Dunia

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tutup Dea.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinee-commerceGoTo FinancialmarketplaceMidtranstransaksi onlineUMKM
Previous Post

COSMOS Jadi Lembaga Think-Tank Untuk Pengembangan UKM Indonesia

Next Post

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

Related Posts

ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
0
Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online
Headline

LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online

22 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Hari Mitra Grab

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

CARIpreneur 2022

Kompetisi CARIpreneur Bantu UMKM Untuk Kolaborasi Antar Ekosistem

Toko Virtual Meta

Meta Luncurkan Toko Avatar Untuk Pengguna Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version