Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Minat Belanja Online dan Pembayaran Digital Meningkat Setiap Periode Khusus

16 Desember 2022
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
Midtrans

Belanja dan transaksi online disukai generasi muda. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan.  Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.

Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan, pada tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

“Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” kata Dea dalam keterangan pers, Jumat (16/12/2022).

Baca juga :   5 Lowongan Kerja Yang Paling Dicari di OLX

Dia menerangkan, sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online.

“Midtrans senantiasa berkomitmen untuk menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan layanan payment gateway yang terpercaya untuk kebutuhan usaha. Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital  untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.” tambah Dea.

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:

Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca juga :   Menganalisa Perilaku Konsumen pada Festival Belanja Online Singles’ Day

Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit, Dorong Minat Belanja Online

Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di  merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank. Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

“Teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway,” ujarnya.

Kemudahan Checkout di Website dan Aplikasi Dorong Konversi Penjualan Merchant

Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant. Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant.

Baca juga :   Swasta Miliki Kemampuan Kembangkan Bisnis UMKM

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tutup Dea.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinee-commerceGoTo FinancialmarketplaceMidtranstransaksi onlineUMKM
Previous Post

COSMOS Jadi Lembaga Think-Tank Untuk Pengembangan UKM Indonesia

Next Post

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Hari Mitra Grab

Grab Beri Apresiasi Dana Abadi Bagi 45 Ribu Mitra

CARIpreneur 2022

Kompetisi CARIpreneur Bantu UMKM Untuk Kolaborasi Antar Ekosistem

Toko Virtual Meta

Meta Luncurkan Toko Avatar Untuk Pengguna Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version