Animo Podcast Meningkat, NOICE Berikan Dukungan Kepada Konten Kreator Surabaya

NOICE

Tim NOICE. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Konten audio digital seperti podcast, radio dan audiobook mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di Surabaya. Aplikasi NOICE pun ingin merangkul konten kreator serta insan kreatif di Surabaya untuk bisa berkarya serta turut memajukan industri konten audio di Indonesia.

“Podcast dan konten audio menjadi populer karena produksinya yang mudah, tidak memerlukan peralatan rumit, serta menjadi pilihan bagi mereka yang masih malu untuk tampil di depan layar. Dengan berbagai kemudahan ini, kami ingin bisa merangkul lebih banyak lagi konten kreator di Surabaya untuk bisa sukses berkarya di industri konten audio dengan membuat podcast di NOICE. Mereka bisa membangun komunitasnya dan menjangkau audiens atau pendengar yang lebih luas tidak hanya di Surabaya saja, tapi hingga ke seluruh Indonesia,” kata Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) NOICE, dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Masyarakat di ibu kota provinsi Jawa Timur ini, khususnya generasi millenial dan Gen-Z, menjadi pendengar setia konten audio yang banyak dijangkau tidak hanya oleh pegiat industri hiburan, melainkan juga pemerintah daerah hingga kepolisian. Sejumlah institusi tersebut aktif memanfaatkan medium podcast sebagai salah satu sarana komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi publik, aspirasi, inspirasi, topik terkini hingga berita. Platform audio streaming lokal, NOICE mencatat Surabaya sebagai urutan ke-2 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 550.000 pengguna.

Sebagai kota metropolitan dan terbesar kedua setelah Jakarta, kota Surabaya memang memiliki magnet tersendiri bagi para penggerak industri kreatif di Tanah Air. Mulai dari pelukis, musisi, sineas perfilman, influencer, radio announcer hingga podcaster, semua bisa ditemukan di Surabaya.

Berfokus untuk menghadirkan konten bercita rasa lokal hingga hyperlokal, NOICE memberikan dukungan bagi para konten kreator di berbagai daerah untuk berkarya sebagai podcaster dengan menciptakan konten dalam topik yang relevan serta dibawakan dengan dialek khas daerah terkait.

Dukungan tersebut berupa fasilitas studio dengan tim produksi untuk memberikan kemudahan bagi para kreator untuk membuat podcast originalnya di NOICE. Tidak hanya itu, NOICE juga memberikan dukungan berupa teknologi aplikasi dan fitur yang mumpuni untuk meningkatkan engagement kepada pengguna serta memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi lewat kontennya dalam bentuk tipping atau donasi yang bisa dilakukan oleh pendengar untuk mendukung kreator favoritnya. Para konten kreator juga didukung dari segi coaching dan mentoring untuk mengembangkan kualitas podcastnya, peluang kolaborasi dengan podcaster berbakat lainnya serta dari sisi promosi untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Hingga saat ini NOICE telah menggandeng lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia untuk menghadirkan konten podcast di platform tersebut dengan total lebih dari 20.000 episode podcast yang telah mengudara.

“Tidak banyak platform konten audio yang fokus dan benar-benar serius menggarap konten hyperlocal atau bercita rasa lokal khas daerah, dan NOICE menunjukkan komitmen tersebut. Dukungan dari NOICE sejauh ini sangat membantu kami dari segi pengembangan konten hingga promosi sehingga konten rasan-rasan yang kami angkat di podcast Lambemu ini bisa lebih akrab di telinga masyarakat, khususnya arek Suroboyo. Di sisi lain, kami melihat banyak perantau dari Surabaya yang rindu dengan kampung halamannya dan ketika mendengarkan Lambemu, rasa rindunya terobati,” jelas host podcast NOICE Original Lambemu, Dono Pradana.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version