youngster.id - Pertumbuhan aplikasi (app economy) di 2020 meningkat di seluruh dunia. Game menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia, Argentina memimpin dalam hal ini, sementara India menempati peringkat teratas sebagai kawasan dengan tingkat pertumbuhan tercepat.
Demikian Laporan Pertumbuhan Aplikasi Selular yang kedua dari Adjust platform pemasaran aplikasi global bekerja sama dengan Facebook.
“Pemasar seluler kini semakin membutuhkan roadmap untuk mengidentifikasi pengguna yang tepat, di lokasi yang tepat, pada saat yang tepat dalam perjalanan pengguna. Dengan data Adjust, ditambah dengan informasi Facebook tentang preferensi dan aksi pengguna, pemasar dapat menargetkan dan mempertahankan pengguna bernilai tinggi,” kata Andrey Kazakov, Chief Operations Officer Adjust dalam keterangan pers, Rabu (14/3/2021).
Dia mengungkapkan hasil laporan menunjukkan, aplikasi game menjadi kategori yang menempati peringkat teratas tahun ini. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model bisnis inovatif seperti game hiperkasual, games yang dapat langsung dimainkan serta dirancang dengan mekanika yang sederhana dan memuaskan.
Sementara itu, aplikasi hiburan bertumbuh dengan pesat, dan subscription perlu dipantau. Sekitar 80% dari 225 aplikasi paling populer di Google Play Store dan 50% dari 225 aplikasi paling populer di App Store berbasis langganan.
Korea dan Vietnam menempati peringkat teratas untuk ecommerce, sebagai dua negara dengan tingkat pertumbuhan tercepat untuk mobile-first commerce. Secara khusus, aplikasi Vietnam masih memiliki banyak ruang untuk berkembang, dengan memanfaatkan pasar berisi konsumen yang antusias namun belum berhasil dijangkau. Tiongkok, Mesir dan Kolombia juga memiliki kinerja yang kuat di sektor ecommerce.
“Aplikasi seluler adalah bisnis global. Mudah untuk dimulai karena hambatan masuk yang rendah, tetapi juga mudah untuk gagal jika Anda tidak memahami pasar dan pengguna dengan baik. Data dan wawasan dalam Laporan Pertumbuhan Aplikasi Seluler dapat membantu pengiklan aplikasi dalam mengidentifikasi strategi untuk memasuki pasar baru dan menyusun taktik sukses secara efektif,” kata Bryan Wang, Direktur Marketing Sains, Tiongkok Raya & Gaming di Facebook.
STEVY WIDIA