Aplikasi Kuncie dan Fita Raih Google Play Awards 2021

Kuncie dan Fita

Aplikasi besutan Telkomsel, yakni Kuncie dan Fita. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Google Play menggelar Google Play Awards 2021. Sama seperti di tahun sebelumnya, aplikasi yang berfokus pada personal growth sangat diminati pada tahun 2021. Ada dua aplikasi besutan Telkomsel, yakni Kuncie dan Fita berhasil meraih penghargaan dalam ajang tersebut.

Aplikasi Kuncie yang fokus pada pengembangan potensi talenta di Indonesia, berhasil meraih yang  terbaik di kategori Best for Personal Growth. Sedangkan Fita sebagai aplikasi gaya hidup sehat, dinobatkan sebagai Best Hidden Gems.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, namun sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat.

“Hal ini akan menjadi salah satu pendorong bagi kami sebagai digital ecosystem enabler membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi masyarakat, melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital. Pencapaian ini juga merupakan hasil dari komitmen Telkomsel dalam mengembangkan dan memperluas portofolio di bisnis digital,” kata Hendri dalam keterangan pers, Jumat (3/12/2021).

Kuncie diluncurkan pada Juli 2021 dan kini telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5%. Aplikasi ini juga menduduki Top-3 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

 Head of Operations Kuncie Hendra Saputra mengatakan, pencapaian ini menjadi penyemangat bagi tim Kuncie untuk terus membuka lebih banyak pintu peluang bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kemampuan diri sesuai minat mereka.

“Bagi kami, salah satu bukti keberhasilan yang nyata adalah dampak langsung yang dirasakan oleh para pembelajar yang sudah dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan. Kami bersama kurang lebih 100 mentor pilihan yang terdedikasi mencoba menghadirkan lebih dari 1000 pembelajaran dalam format yang mudah dan praktis untuk diikuti, agar dapat diimplementasikan secara nyata oleh para pengguna Kuncie,” katanya.

 Sementara Untuk aplikasi Fita diperkenalkan Telkomsel sejak November 2021. Saat ini, Fita menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness, menandai satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store, yang kini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali, dengan pertumbuhan pengguna aktif hingga 10 kali lipat dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono menjelaskan, tingginya antusiasme terhadap Fita, menandakan bahwa kepedulian masyarakat akan hidup sehat terus semakin meningkat.
“Kami berharap seluruh fitur yang kami sajikan bisa memberi dampak yang bermanfaat, dan Fita menjadi the go-to-app sekaligus partner masyarakat dalam mencapai tujuan kesehatannya,” katanya.

Google Play Awards merupakan appresiasi atas kontribusi positif seluruh platform aplikasi dan games yang berada dalam ekosistem platform Google Play. Tahun ini, Google Play Awards memperluas penghargaan untuk aplikasi dan game di tablet, ditambah aplikasi di Wear OS dan Google TV.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version