Arisan Mapan Punya 3 Juta Anggota

Dhini Aminarti, salah satu anggota Arisan Mapan bersama suami Dimas Seto berfoto dengan peserta Arisan Mapan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Aplikasi Mapan ingin mendorong ekosistemnya untuk maju, salah satunya dengan mendorong anggota arisan untuk memulai usahanya sendiri. Kini arisan Mapan telah menggaet hampir tiga juta anggota melalui 250 ribu ketua arisan di Jawa dan Bali.

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, sejak awal mendirikan perusahaan, dia yakin inovasi teknologi berbasis komunitas merupakan kunci penting dalam mengembangkan layanan yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas.

“Diharapkan ke depannya Mapan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya dalam membantu masyarakat memahami perencanaan kebutuhan hidup tetapi juga turut menggerakan perekonomian masyarakat,” ujar Hendra dalam siaran pers, Senin (8/7/2019).

Bantu Anggota Memulai Usaha Hendra mengatakan, berdasarkan data internal perusahaan, kecenderungan anggotanya saat ini tidak hanya memanfaatkan arisan Mapan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, satu dari sepuluh anggota Mapan juga membeli peralatan untuk mendukung usaha rumahan yang mereka rintis. Selain itu, data internal Mapan mencatat, mesin jahit menjadi salah satu peralatan usaha yang paling diminati.

Permintaan mesin jahit mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga 60% per tahun. Karena itu, Mapan memberikan berbagai pelatihan di bidang konveksi dengan menggandeng salah satu produsen mesin jahit ternama. Selain usaha menjahit, usaha favorit utama dari anggota Arisan Mapan adalah usaha kuliner dan kosmetik. Karena itu, Mapan melihat anggotanya berpotensi untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha.

“Selain menyediakan peralatan pendukung usaha yang semakin beragam, kami juga berkomitmen bersama dengan partner dari berbagai industri untuk turut memfasilitasi para anggota yang ingin membuka usaha, salah satunya melalui program pelatihan agar mereka bisa mengasah keterampilan untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Mapan mengadakan Gelar Arisan Mapan di Gedung Smesco, Jakarta yang menghadirkan ribuan rekan usaha dan anggota masyarakat umum, UMKM, dan supplier. Acara ini menjadi kesempata berbagai pihak untuk bersama-sama berbagi ilmu dan informasi mengenai barang Arisan Mapan hingga cara memulai usaha.

STEVY WIDIA