youngster.id - Assessment Center Indonesia (ACI) PT Telkom meraih kepercayaan menjadi lembaga profesional untuk memilih kandidat Direksi BUMN dari Kementerian BUMN.
T. Zilmahram, Senior General Manager ACI PT Telkom mengatakan, dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno per 25 Februari 2016 lalu, ditetapkan ACI sebagai lembaga profesional penyedia jasa assessment center untuk memilih kandidat Direksi BUMN dari Kementerian BUMN. Keterpilihan tersebut merupakan yang ketigakalinya pada periode 2014-2017 ini.
“Dalam kurun periode 2014-2016 lalu, kami menjadi assesment center dalam pemilihan direksi perusahaan dan anak perusahaan di BUMN antara lain di PT Len Industri, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, PT Perusahan Gas Negara, PT Peruri, PT Perum Jasa Tirta II, BNI, BRI, PT ASDP, PT Wijaya Karya, PT Biofarma, PT Inti, dan banyak lagi,” katanya saat ditemui Rabu (14/6/2017) di kantor ACI PT Telkom, Jl Hegarmanah, Kota Bandung.
Selain di lingkungan badan usaha milik negara, pihaknya juga memperoleh kepercayaan terbaru dari klien besar lainnya seperti Sekretariat Daerah Pemprov Jawa Barat, Kantor Staff Presiden, Basarnas, Kementerian Perdagangan, Kimia Farma, Bank Jateng, hingga perguruan tinggi seperti ITB dan Unika Atma Jaya.
Menurut Zilmahram, panggilannya, raihan tersebut kian menegaskan kepercayaan eksternal dari perusahaan yang awalnya adalah Unit Psitel/Rekrutasi dan Psikologi Telkom.
“Ketika Unit Psitel bertransformasi menjadi Career Development Support Center dan Human Resource Assessment Service, unit ini terus menerima pelanggan eksternal antara lain BPKP, Kementerian Kimpraswil, BNI, BRI, Jasa Marga, Garuda Indonesia, Pupuk Kujang, dan PTPN V, ” sambungnya.
Dari seluruhnya itu, yang tercatat berkali-kali memercayakan (repeat order) ke ACI Telkom antara lain Bank Woori Saudara (d/h Bank Saudara 1906), PT Peruri yang sudah gunakan jasa selama 4-5 tahun terakhir, serta PT Jasindo dan PT Jasa Marga yang sudah beberapa periode kontinu mempergunakan ACI Telkom.
“Metode yang kami gunakan secara empirik memberikan hasil lebih akurat dibandingkan metode lainnya apabila dipergunakan mengukur kompetensi manajerial. Dari sisi kepatuhan pelaksanaan proses assessment center, level kesesuaian ACI menurut survey BACDI (Benchmark of Assessment Center Diagnostic,red) pada April 2017 mencapai 76% dibandingkan industri 73%. Survei BACDI ini diikuti banyak penyedia assessment center di luar negeri,” sambungnya.
Menurut Zilmahram,kredibilitas PT Telkom sebagai BUMN besar yang concern pada ACI sejak lama ini juga menjadi kekuatan lain di mata klien. Untuk itu, ACI Telkom menargetkan visi ke depan mampu bermain di level global, terutama mampu melayani pasar regional Asia Tenggara. Termasuk bersinergi dengan anak perusahaan Telkom, PT Telin yang sudah membuka kantor cabang di banyak negara seperti Australia, Malaysia, Myanmar, Amerika Serikat, Singapura, Taiwan, dan Hongkong.
Strategi mencapai hal tersebut akan diawali dengan menyasar perusahaan multinasional yang berada di Indonesia, serta mulai bergerak ke pelanggan regional bersama-sama strategic regional partner ACI yang sedang dirintis kerjasamanya pada tahun 2017 ini .
“Kami targetkan pada 2018 -2021 nanti ACI tidak hanya dikenal di domestik Indonesia, namun juga sudah mulai dikenal di perusahaan multinational di Indonesia, sekaligus juga dapat memberikan jasanya di tingkat regional,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post