youngster.id - AT&T mendekati kesepakatan untuk menggabungkan aset media dengan mengakuisisi Discovery, pemilik jaringan TV gaya hidup seperti HGTV dan TLC. Akuisisi terhadap Discovery juga semakin memperkuat AT&T di bisnis streaming yang menjadi masa depan industri penyiaran.
Menurut Financial Times, penggabungan tersebut akan menciptakan perusahaan baru yang terpisah dari AT&T yang dapat bernilai $ 150 miliar, termasuk utang. Discovery saat ini memiliki nilai pasar termasuk utang sekitar $ 30 miliar.
Kesepakatan tersebut akan mengumpulkan salah satu studio paling kuat di Hollywood, rumah bagi franchise Harry Potter dan Batman, dengan rumah produksi Discovery yang terdiri dari pertunjukan rumah tanpa naskah, memasak, dan alam serta sains.
Sebelumnya AT&T berupaya akuisisi Time Warner senilai $ 108,7 miliar. Namun langkah itu terbilang mahal karena secara bersamaan, perusahaan berusaha memperluas layanan nirkabel generasi berikutnya. AT&T telah meminjam dana $ 14 miliar untuk membeli lebih banyak spektrum nirkabel.
Hal ini didorong dari peralihan pemirsa TV ke streaming seperti Netflix dan Walt Disney. Saat ini HBO dan HBO Max yang dikuasai AT&T memiliki 63,9 juta pelanggan global. Tertinggal jauh dibandingkan dengan lebih dari 100 juta untuk Disney + Walt Disney dan 207,6 juta untuk Netflix. Sedangkan Discovery, dengan portofolio mencakup Animal Planet dan Discovery Channel, menjangkau 88,3 juta rumah di Amerika Serikat. Layanan streaming Discovery + yang diluncurkan pada Januari lalu, telah memiliki 15 juta pelanggan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post