AWS Kembangkan Teknologi Cloud Untuk Mendorong Inovasi Baru di Indonesia

Tim HARA. (Foto: istimewa)

youngster.id - Machine learning menjadi salah satu tren penting yang berkembang beriringan dengan tren teknologi dunia lainnya, seperti Cloud, Big Data Analytic, AI atau kecerdasan buatan, dan Internet of Things. Sesungguhnya dayaguna machine learning tidak hanya sebatas untuk tujuan membuat prediksi atau prakiraan.

Bersama dengan teknologi-teknologi yang menjadi tren tersebut, machine learning telah mendorong munculnya inovasi-inovasi baru, serta solusi-solusi cerdas yang dikembangkan oleh berbagai industri untuk memenuhi kebutuhan ekosistemnya. Pendayagunaan machine learning tidak saja hanya berdampak pada bisnis berskala besar, namun juga perusahaan-perusahaan rintisan dan bahkan SMB.

“Machine learning mampu menghadirkan dampak dan manfaat, mulai dari automations & robotika, gaming, computer vision, hingga natural language understanding dan pengenalan suara. Sebagai salah satu pemimpin dunia di bidang teknologi Cloud, AWS telah mengembangkan teknologi serta layanannya untuk mendukung bisnis maupun organisasi lainnya dalam mengoptimalkan pendayagunaan machine learning berbasis cloud,” ucap Santanu Dutt Head of Technology South East Asia, AWS dalam virtual conference baru-baru ini.

Menurut dia, ada beragam teknologi dan layanan dari AWS yang saat ini telah dimanfaatkan oleh beberapa organisasi bisnis dalam menciptakan solusi cerdas bagi ekosistemnya. Layanan tersebut antara lain adalah Amazon Kendra, Amazon Sumerian, Amazon Lambda, Amazon Polly, Amazon Lex, Amazon Connect, hingga Amazon Transcribe.

Adalah startup di bidang teknologi pertanian, HARA, yang mendayagunakan machine learning untuk pertukaran data. Data-data tersebut bermanfaat dalam menghubungkan antar matarantai ekosistem pertanian. Melalui aplikasi di ponsel, para petugas lapangan HARA mengumpulkan beberapa jenis data yang terkait dengan petani, seperti penanaman dan panen.

Para petani yang menyediakan data di HARA akan diberikan poin loyalitas sebagai bentuk insentif dari HARA. Mereka dapat menukarkan poin tersebut dengan pulsa dan diskon untuk pasokan bahan pertanian. Data-data tersebut dapat terhubung dengan institusi finansial untuk keperluan peminjaman modal atau kebutuhan-kebutuhan lain. Data-data tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh ekosistem lain yang memiliki keterkaitan kepentingan.

“AWS akan terus meningkatkan program-program edukatifnya sehingga pemanfaatan dan dampak positif dari teknologi ini terus meluas,” ujar Santanu. Menurut dia, akan ada banyak penerapan machine learning termasuk untuk peningkatan akurasi diagnosis seperti untuk industri kesehatan, asuransi hingga dunia pendidikan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version