Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Baidu Perkuat Kemitraan dengan Kemenpar Lewat Strategi SEM

7 Agustus 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
Arief Yahya : Media Digital Cara Ampuh Raih Wisman Tiongkok

Baidu mendukung Kemenpar RI mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok. (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Baidu meneruskan kemitraaan strategis dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia. Sebelumnya Baidu berhasil meningkatkan arus wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia pada 2016 dan 2017.

Untuk diketahui, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia mencapai 27,3% pada 2016. Kemudian pada 2017, dari 14 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,9 juta di antaranya berasal dari Negeri Tirai Bambu.

“Kami sangat antusias mendukung pemerintah Indonesia untuk memenuhi target wisatawan asing tahun ini, khususnya wisatawan Tiongkok. Hal ini dikarenakan Baidu adalah platform paling tepat untuk mempromosikan Indonesia di Tiongkok melalui search engine marketing (SEM), display ads, dan juga melalui program mendatangkan China KOL (key opinion leaders) yang telah kami seleksi,” ujar Ken Tao, Direktur Bisnis Asia Tenggara Baidu dalam keterangannya baru-baru ini.

Di tahun ketiga kemitraan strategis ini, Ken Tao melanjutkan, Baidu semakin menegaskan komitmennya dalam mendukung Kemenpar mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok.

Baca juga :   Perkuat Edukasi Pelestarian Air dan Lingkungan, Suntory Gelar Mizuiku Outdoor Class

Pencapaian kunjungan turis mancanegara ke Indonesia sampai dengan Mei 2018 masih rendah. Tercatat, sebanyak 6,16 juta turis asing masuk ke Indonesia, dengan angka pertumbuhan 11,89% dari target sebesar 21%. Diharapkan, turis asal Tiongkok dapat memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan arus wisatawan mancanegara di Indonesia.

Apalagi data yang baru dikeluarkan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO) pada 2016 menyebutkan, dana berwisata ke luar negeri yang dibelanjakan oleh turis Tiongkok menjadi yang tertinggi dengan nilai US$ 261 miliar per tahun. Nilai itu di atas turis asal Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan Prancis. Potensinya semakin besar mengingat total pemilik passport baru mencapai 7%.

“Peluang terbaru tercatat oleh Baidu SEM pada periode April 2018, di mana Bali masuk di peringkat 8 dalam Top Ten City,” ucap Ken Tao menambahkan.

Baca juga :   Pro Player Internasional Asal Indonesia Ini Jadi Brand Ambassador Logitech G

Inilah yang membuat Baidu memfokuskan strategi SEM dan display ads dalam kemitraan dengan Kemenpar tahun ini. Tentunya tak hanya Bali, Baidu akan mendorong daerah lain yang menjadi target Kemenpar untuk dipromosikan agar lebih dikenal oleh masyarakat Tiongkok.

“Strategi ini memiliki peluang yang tak kalah penting, mengingat Tiongkok adalah pengguna internet nomor satu di dunia dengan 751 juta netizen dan 724 juta mobile netizen. Perilaku pengguna internetnya dalam mencari informasi sebesar 80,8% melalui search engine Baidu,” ujar Ken Tao menjelaskan.

Strategi ini juga diperkuat dengan kehadiran para content creators, terdiri dari KOL yang turut aktif mempromosikan Indonesia lewat konten yang mereka produksi.

Selain melalui SEM, calon wisatawan Tiongkok menjadikan konten KOL sebagai panduan untuk mereka berlibur di luar negeri.
Metode promosi ini diterapkan Baidu pada 2016, di mana sebanyak 101 KOL diberangkatkan Baidu ke daerah-daerah wisata Indonesia, seperti Bali, Manado, Banyuwangi, Lombok, Yogyakarta, dan Semarang. Tentunya mereka diundang tak hanya sebagai turis.

Baca juga :   Aplikasi Yourney Bantu Revitalisasi Pariwisata Di Indonesia

“Para KOL ini berbagi pengalamannya di Indonesia lewat blog, website, dan media sosial dengan harapan bisa menginspirasi masyarakat Tiongkok untuk berlibur ke Indonesia,” tutur Ken Tao.

Sebagai proyek perdana untuk kerja sama tahun ini, Baidu sejak awal Agustus turut mempromosikan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di Tiongkok.

Tak hanya mempromosikan, ia mengklaim, Baidu juga mempersiapkan tim sejak dua tahun lalu untuk memberikan edukasi kepada pelaku industri pariwisata Indonesia dalam menjadi tuan rumah yang baik untuk turis Tiongkok.

“Dengan strategi ini Baidu optimistis dapat membantu pemerintah mencapai target 17 juta kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” pungkas Ken Tao.

STEVY WIDIA

Tags: Baidu Indonesiapariwisata
Previous Post

Viu Produksi Halustik, Serial Lokal Kolaborasi Tiga Sutradara Kawakan

Next Post

TaniGroup Gandeng IFC Optimalkan Fintech dalam Pertanian

Related Posts

Pertumbuhan UMKM di Bali Terdorong Naik Berkat Bisnis Online
Headline

Sektor Pariwisata Berkontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2025

7 Agustus 2025
0
entertainment District PIK 2
News

Kawasan Hiburan Digital dan Aktivitas Adrenalin Bagi Gen Z Akan Hadir di PIK 2

26 Januari 2024
0
GATF 2023
News

Dukung Pertumbuhan Pariwisata GATF 2023 Digelar Serentak di 7 Kota

25 Oktober 2023
0
Load More
Next Post
TaniHub Luncurkan Dua Aplikasi Baru Bagi Petani

TaniGroup Gandeng IFC Optimalkan Fintech dalam Pertanian

Jason Lamuda : Ingin Bangun e-Commerce Indonesia Lebih Besar

Zalora Gandeng Berrybenka Untuk Perluas Pasar

Faizal Hermiansyah : Hadirkan Solusi IT Untuk UKM

Faizal Hermiansyah : Hadirkan Solusi IT Untuk UKM

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version