youngster.id - Bank OCBC NISP meluncurkan ‘OCBC’ sebagai merek dan logo terbaru Bank. Dengan perubahan ini, OCBC Indonesia akan berkomitmen memberikan layanan keuangan komprehensif dan sinergi antar negara yaitu Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau.
Presiden Direktur OCBC Indonesia Parwati Surjaudaja mengatakan, dengan menggunakan nama merek dan logo yang sama di seluruh negara, OCBC Indonesia akan memberikan layanan keuangan yang lebih komprehensif bagi nasabah. Hal tersebut diimplementasikan dengan memaksimalkan sinergi antar negara melalui kapabilitas OCBC Group yang dipadukan dengan kekuatan, pengetahuan, dan nilai budaya lokal.
“Perubahan nama merek dan logo ini adalah bagian dari proses transformasi, yang mendorong kami untuk terus naik level dan tumbuh secara berkelanjutan. Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya,” kata Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Indonesia dalam perhelatan bertajuk ‘OCBC Experience: Supporting Indonesia to the Global Stage’, Selasa (14/11/2023) di Jakarta.
Menurut dia, perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Namun, perubahan ini juga lebih meningkatkan akses untuk memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, yang merupakan salah satu grup perbankan terbesar di Asia Tenggara. Saat ini, OCBC adalah grup layanan keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara berdasarkan aset. Grup ini menawarkan berbagai layanan perbankan komersial, specialist financial, dan wealth management, mulai dari consumer, corporate, investment, private and transaction banking hingga treasury, insurance, asset management dan stockbroking services.
Layanan private banking OCBC disediakan oleh Bank of Singapore, anak perusahaan OCBC, yang beroperasi pada platform produk open-architecture untuk mencari produk terbaik yang sesuai dengan tujuan kliennya. Lalu ada anak perusahaan asuransi OCBC, Great Eastern Holdings, di Singapura dan Malaysia. Juga anak perusahaan pengelolaan aset OCBC, Lion Global Investors. Pasar utama Grup ini adalah Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Greater China. OCBC Grup memiliki lebih dari 410 cabang dan kantor perwakilan di 19 negara dan wilayah.
“Dengan begitu, OCBC dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun nonperbankan yang lebih luas kepada nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global,” ungkap Parwati.
Dia menegaskan, penguatan sinergi dan konektivitas dengan OCBC Group ini juga memberikan manfaat lebih banyak bagi nasabah individu maupun bisnis. Bagi nasabah individu ada berbagai penawaran eksklusif di dalam dan luar negeri untuk transaksi berbagai merchant terkemuka. Termasuk, bebas melakukan tarik tunai tanpa biaya di semua jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.
Bahkan, bagi nasabah pemegang Kartu Global Debit, nasabah bisa melakukan tarik tunai dan pembayaran bebas konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing. Selain itu ada berbagai program cashback, layanan eksklusif penjemputan di Bandara Singapura dan juga akses ke OCBC Premier Center di Singapura dan Malaysia, untuk nasabah Premier Banking dan Private Bank.
Sedang untuk nasabah bisnis ada Layanan perbankan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya di jaringan OCBC Group.
Berbagai kemudahan akses produk dan layanan bisnis, penerbitan bank garansi dan Letter of Credit di negara jaringan OCBC Group. Serta peluang kolaborasi antar pelaku bisnis lintas negara dalam OCBC One Connect Series dan peluang berpartisipasi di ajang penghargaan bertaraf internasional dari OCBC Group bagi UMKM Indonesia.
Pada kesempatan yang sama, Helen Wong, Group Chief Executive Officer of OCBC mengatakan, di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan kondisi ekonomi yang kian menantang, sektor perdagangan dan investasi di seluruh ASEAN dan Greater China masih memiliki peluang yang besar dan bahkan terus meningkat. “Kami optimis dengan pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia, oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi di negara ini, demi mendukung kebutuhan dan membantu mewujudkan aspirasi nasabah, untuk terus bersama, melaju jauh,” katanya.
Perubahan logo dan merek OCBC ini sebelumnya sudah dilakukan di Singapura, Malaysia, Hong Kong dan Macau, London, New York, dan Sydney. Pada Desember nanti, China (Tiongkok) akan menjadi negara terakhir yang melakukan perubahan merek dan logo tersebut.
STEVY WIDIA
Discussion about this post