Bazar Buku Terbesar Hadir di Indonesia

Bazar Buku Big Bad Wolf pada 1 Maret – 11 Maret 2019 di ICE BSD, Tangerang. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Minat baca di Indonesia memang rendah. Meski demikian tidak menghalangi PT Jaya Ritel Indonesia menggelar Big Bad Wolf, bazaar buku terbesar untuk keempat kalinya. Ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan minat membaca di kalangan masyarakat.

Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi mengatakan, berdasarkan survei Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur bersama Universitas Brawijaya dan Unair, minat baca masyarakat di Propinsi Jawa Timur pada tahun 2015 hanya sebesar 42%. Di tahun 2016 meningkat menjadi 69.75% dan terus meningkat di tahun 2017 menjadi 72%.

“Oleh karena itu, usaha meningkatkan minat baca ini terus dijadikan prioritas oleh pemerintah Propinsi Jawa Timur melalui kampanye membaca, penyediaan perpustakaan di berbagai tempat serta pengadaan buku yang terjangkau oleh masyarakat. Kami ikut bangga bahwa Bazar Buku Big Bad Wolf sudah hadir di Jawa Timur sejak tahun 2016,” ujar Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi diacara pembukaan Bazar Buku Big Bad Wolf saat ditemui di ICE BSD Serpong Kamis (28/2/2019).

Baca juga :   Startup Gogoprint Raih Investasi US$7,7 Juta

Bazar Buku Big Bad Wolf untuk keempat kalinya digelar di ICE BSD Hall 6 – 10 (5 Hall) selama 24 jam non-stop dari 1 Maret – 11 Maret 2019. Ajang ini membawa 5.5 juta buku dan penawaran diskon mulai dari 60%-80% untuk semua buku impor.

“Menariknya, tahun ini kami menyediakan sebuah Buku Ajaib yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). AR adalah terobosan baru dalam menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif melalui pengembangan imajinasi anak-anak saat mereka membaca. Pada Bazar Buku Big Bad Wolf di Jakarta 2019 ini juga mempersembahkan dua buah Buku Ajaib berbahasa Indonesia yang mengajarkan anak-anak untuk berdoa,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur BCA Henry Koenaifi mengungkapkan, kesempatan menggelar perhelatan tersebut dan dapat bekerjasama dengan Big Bad Wolf Books merupakan hal yang istimewa karena berkaitan dengan investasi jangka panjang terkait upaya mencerdaskan bangsa. Masyarakat memiliki kesempatan yang luas untuk memperoleh bacaan-bacaan berkualitas, mendidik dan mewariskan generasi penerus dengan kesadaran membaca, dan ikut berkontribusi secara nyata di dunia pendidikan Tanah Air.

Baca juga :   Untuk Tingkatkan Orang Kreatif BCA Gelar Indonesia Knowledge Forum V

“Kami ingin event Bazar Buku murah ini menjadi ajang bagi keluarga beserta anak-anaknya, institusi dan organisasi pendidikan, komunitas pencinta buku, serta komunitas-komunitas pembaca untuk memiliki akses yang mudah dan murah dalam memperoleh buku bacaan dan menambah koleksi buku-buku berkualitas. Ajang ini juga menjadi hadiah istimewa bagi masyarakat dari BCA yang pada bulan ini merayakan ulang tahun ke-62 tahun,” ungkap Henry.

Bazar Buku Big Bad Wolf akan diadakan di tujuh kota besar di Indonesia mewakili Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Melalui Bazar Buku Big Bad Wolf masyarakat dapat memperoleh banyak buku bacaan yang berkualitas sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca kalangan rakyat Indonesia dari berbagai lapisan umur termasuk yang berada di pelosok tanah air.

Bazar Buku Big Bad Wolf juga selalu menyelenggarakan program donasi buku yang disebut sebagai “Red Readerhood”, dimana melalui program ini telah memberikan buku-buku kepada anak-anak serta masyarakat Indonesia di pelosok tanah air, seperti di Jawa Timur, Gorontalo, Palu, Medan serta pinggiran Jakarta. Bazar Buku Big Bad Wolf senantiasa mengajak seluruh pengunjung untuk turut andil dalam gerakan donasi buku yang tahun ini akan di salurkan kepada Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI (FKPPI) di seluruh pelosok Indonesia dan juga kepada Kementrian Perikanan dan Kelautan yang akan diberikan kepada anak-anak nelayan.

Baca juga :   BCA Gandeng Indomaret Untuk Pembayaran Non Tunai

FAHRUL ANWAR