Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Begini Sistem Keamanan BCA dalam Menangani 100 Juta Transaksi per Hari

26 Februari 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
sistem keamanan BCA

Begini Sistem Keamanan BCA dalam Menangani 100 Juta Transaksi per Hari (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di tengah lanskap digital yang terus berkembang, dibutuhkan keamanan siber yang kokoh dan adaptif. Komitmen ini diwujudkan BCA melalui pendekatan komprehensif yang mencakup tiga aspek utama: people, process, and technology. Terlebih, BCA menangani hampir 100 juta transaksi per hari dari lebih dari 41 juta nasabah.

Senior Executive Vice President of Strategic Information Technology Group BCA David Formula mengatakan, bahwa tren kejahatan siber bertumbuh pesat seiring meningkatnya ketergantungan masyarakat terhadap konektivitas digital, terutama setelah pandemi.

David menguraikan empat jenis kejahatan siber yang saat ini mendominasi lanskap keamanan digital. Pertama, ransomware yang mengenkripsi data korban dan meminta tebusan agar data dapat diakses kembali. Kedua, serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang berupaya melumpuhkan sistem dengan membanjiri server dengan lalu lintas berlebih. Ketiga, social engineering, termasuk phishing, yang menargetkan nasabah dengan modus penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi.

Baca juga :   Bangkitnya Industri 4.0 dan Digitalisasi Dalam Industri

“Terakhir, malware yang disebarkan melalui tautan atau aplikasi tidak resmi dan dapat mengambil alih akun nasabah,” ungkap David.

Menjawab tantangan ini, BCA menerapkan strategi berbasis people, process, dan technology. Dari sisi people, BCA memiliki tim ahli yang dedicated melakukan pemantauan sistem selama 24/7 dan menganalisis pola serangan untuk mencegah serta merespons ancaman secara proaktif. Dari sisi process, BCA mengadopsi standar keamanan ketat yang mengacu pada regulasi nasional, standar internacional seperti ISO dan NIST, serta best practice dari berbagai negara. Sementara dari sisi technology, BCA mengimplementasikan sistem keamanan canggih, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (AI).

BCA juga mengedepankan sikap kolaboratif, yakni berkontribusi dalam memperkuat ketahanan industri dengan berbagi data terkait pelanggaran keamanan terbaru kepada regulator, termasuk daftar IP berbahaya, guna memperingatkan bank lain terhadap potensi ancaman siber. Hal ini mencerminkan upaya kolektif yang harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh pihak demi memberantas serangan siber dan menciptakan ekosistem digital yang lebih aman.

Baca juga :   Kementerian ESDM Luncurkan Aplikasi Geospasial

Tak hanya itu, BCA juga meningkatkan alokasi anggaran Capital Expenditure (Capex) di bidang IT. Pertumbuhan belanja IT BCA sebesar 8% pada tahun 2025. Investasi ini ditujukan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi mutakhir guna menghadirkan layanan perbankan yang semakin aman, andal, dan tepercaya bagi seluruh nasabah tercinta.

Di sisi lain, riset dari Oxford menunjukkan bahwa 88% insiden kebocoran data disebabkan oleh human error, termasuk social engineering.

Head of Contact Center & Digital Services BCA Adrianus Wagimin, yang bertanggung jawab menangani layanan customer service halo BCA, melihat keselarasan antara pola kejahatan social engineering yang terjadi dalam nasabah dengan tren ancaman. Menurutnya, BCA secara konsisten mengedepankan edukasi, inovasi, dan kolaborasi.

Menurut Adrianus, edukasi menjadi aspek krusial dalam mencegah penipuan digital. Nasabah diimbau untuk berhati-hati dalam bertransaksi dan tidak membagikan data pribadi, termasuk SMS OTP, kepada pihak mana pun. Dari segi inovasi, BCA menghadirkan berbagai fitur yang dirancang untuk mencegah modus penipuan, seperti QRIS Customer Presented Mode (CPM) di aplikasi BCA mobile dan myBCA yang membantu menghindari penipuan pembayaran QRIS palsu.

Baca juga :   GoClub Gelar Festival Korea Untuk Pelanggan Gojek

Terbaru, diawal tahun 2025 BCA dapat memperbarui aplikasi haloBCA secara mandiri melalui Apps Store atau Playstore (versi 2.4.1) yang memperkenalkan sejumlah fitur baru, di antaranya track status laporan (‘Status Laporan’), pengkinian data rekening dan data kartu kredit, hingga pengembangan layanan Halo BCA Chat.

“Kini nasabah dapat melakukan permintaan (request) dan pengaduan atas kendala yang dialami melalui Halo BCA Chat. Di samping itu, kami aktif berkolaborasi dengan berbagai unit kerja meluncurkan kampanye edukatif ‘Tolak Dengan Anggun’ dan ‘Don’t Know? Kasih No!’,” jelas Adrianus.

 

STEVY WIDI

Tags: keamanan siberSistem Keamanan BCA
Previous Post

Tingkatkan Pengalaman Pengguna, Startup Vokal.ai Luncurkan Beberapa Fitur Baru pada Aplikasi ngaji.ai

Next Post

Masuki Pasar EWA, Kredivo Group Akuisisi GajiGesa

Related Posts

Kolaborasi Lintas Sektor Jadi Kunci Ketahanan Siber di Indonesia
News

Kolaborasi Lintas Sektor Jadi Kunci Ketahanan Siber di Indonesia

22 September 2025
0
Kolaborasi Indosat dan Cisco Hadirkan Perlindungan Bisnis Termasuk Bagi UKM di Indonesia
News

Kolaborasi Indosat dan Cisco Hadirkan Perlindungan Bisnis Termasuk Bagi UKM di Indonesia

2 September 2025
0
Xapiens Bangun Pusat Keamanan Siber Proaktif Untuk Lindungi Bisnis
News

Xapiens Bangun Pusat Keamanan Siber Proaktif Untuk Lindungi Bisnis

22 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Kredivo Group x GajiGesa

Masuki Pasar EWA, Kredivo Group Akuisisi GajiGesa

Supplier Day

Pentingnya Optimalisasi Logistik Supplier Untuk Persediaan Produk Kecantikan

game developer

Dorong Inovasi Pengembang Game Lokal, Indigo Telkom Gelar GameDev Gateway 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version