Bekraf Bakal Boyong Modal Ventura Ke Daerah

Triawan Munaf Kepala Bekraf (tengah) usah MoU bersama 7 perwakilan Pemda di acara World Conference on Creative Economic (WCCE) di Nusa Dua, Bali. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pelaku ekonomi kreatif tidak hanya terpusat di ibukota saja, tetapi juga di daerah lain di seluruh Indonesia. Untuk itu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal membuat program untuk membawa perusahaan modal ventura ke daerah.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengungkapkan, banyak pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah yang butuh tambahan modal untuk meningkatkan kualitas industri.  Dan pengembangan usaha ekonomi kreatif di daerah sebenarnya tidak memerlukan biaya yang tinggi.

“Modal ventura bisa membantu pelaku usaha kreatif untuk mulai bikin program dalam level pembibitan supaya startup bisa tetap hidup,” kata Triawan Senin (24/6/2019) di Jakarta.

Dia mencontohkan, pengembangan subsektor aplikasi dan permainan di Kota Malang, Jawa Timur. Menurutnya, para pelaku digital bisa berkembang lebih cepat jika ekosistem inovator, pembuat tren, sampai pendorong industri tersedia. Triawan mengungkapkan, pengembangan komunitas sangat penting. “Anak-anak muda di daerah perlu dorongan dari pemerintah, sehingga tidak ada kekhawatiran antara komunitas dan pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, menurut Triawan pemerintah ingin menyediakan jalur penjualan ekonomi kreatif dari daerah supaya langsung terhubung kepada konsumen di luar negeri. Alasannya, promosi ekspor bakal membantu neraca dagang Indonesia yang sedang dalam fase defisit.

STEVY WIDIA

Exit mobile version