Besarnya Potensi Pasar Aset Kripto di Indonesia

Aset Kripto

Tingkatkan Pengawasan Perdagangan Aset Kripto, Bappebti Gandeng Aspakrindo (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Pasar aset kripto di Indonesia memiliki potensi investasi yang besar. Investasi aset kripto di Tanah Air pun sangat pesat.

Potensi pertumbuhan yang pesat ini didukung oleh beberapa faktor seperti data jumlah pengguna internet di Indonesia yang sudah mencapai 196,7 juta jiwa di tahun 2020. Tidak Hanya itu, berdasarkan Data Sensus Penduduk 2020, dari sisi demografi pun, Indonesia masuk menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang mencapai 270 juta jiwa dan didominasi oleh penduduk dengan usia produktif yang mencapai 70,72%.

Sebagai suatu komoditas digital, aset kripto terus mencatatkan pertumbuhan positif. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, jumlah investor aset kripto di Indonesia sudah mencapai 11 juta orang per akhir 2021. Total investor kripto pun sudah melampaui jumlah investor di pasar modal yang jumlahnya mencapai 7,5 juta investor.

Melihat perkembangan positif terkait tren investasi aset kripto itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga pun memberikan dukungannya. Dalam hal ini, Jerry mendukung token kripto karya anak bangsa, asal mengikuti regulasi yang ada.

Menurutnya,  token kripto lokal tersebut dapat dimanfaatkan menjadi produk ekspor digital bagi Indonesia sehingga nantinya Indonesia dapat menjadi pemain utama dari industri kripto dunia.

Senada dengan Wamendag, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pun memberikan respon yang positif terkait tren investasi aset kripto. Menurutnya, pasar aset kripto memiliki potensi investasi yang besar sehingga pemerintah perlu memanfaatkannya sebagai momentum percepatan transformasi ekonomi digital.

Menyikapi respon positif pemerintah, pelaku industri pun menyambut antusias. Salah satunya CEO Indodax Oscar Darmawan, yang menilai pesatnya pertumbuhan dan perkembangan kripto ini akan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Tingginya tren investasi kripto dan minat masyarakat terhadap Kripto sebagai aset digital memang memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Bukan tidak mungkin pertumbuhannya pun akan sangat pesat,” kata Oscar.

Menurut Oscar, sebagai pedagang pihaknya akan terus mendukung langkah-langkah yang akan diambil oleh Bappebti dan Kementerian Perdagangan selaku regulator untuk mendukung perkembangan kripto di Indonesia.

“Tidak hanya itu, kami pun akan terus mendukung para developer kripto dalam negeri dan mencoba menjembataninya dengan pihak Bappebti,” tutup Oscar.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version