Bhinneka dan Universitas Hamzanwadi, Hadirkan Campus Marketplace di Lingkungan Pondok Pesantren

Universitas Hamzanwadi

UMKM mahasiswa Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, NTB. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bhinneka menghadirkan teknologi platform Campus Marketplace di lingkungan pondok pesantren melalui kerja sama dengan Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, NTB. Dengan Campus Marketplace ini, diharapkan dapat menjadi laboratorium praktik kewirausahaan langsung bagi para mahasiswanya serta pengembangan ekonomi digital.

“Di Bhinneka, kami meyakini bahwa teknologi yang terjangkau dapat berdampak signifikan bagi berbagai kemajuan termasuk pengembangan ekonomi di lingkungan pondok pesantren. Begitu pula dengan campus e-marketplace, yang sudah diadopsi lebih dari sepuluh lingkungan perguruan tinggi di berbagai kota Indonesia, dan kini juga hadir di Universitas Hamzanwadi sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Nusa Tenggara Barat,” ungkap Vensia Tjhin Chief of Commercial and Omni Channel (COCO) Bhinneka dalam keterangan pers, Selasa (8/2/2022).

Sejak pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2020 kemarin, Campus Marketplace telah ada di beberapa perguruan tinggi kota Jakarta, Cikarang, Yogyakarta, Bandung, Sidoarjo, dan Tegal. Melalui Campus Marketplace ini, UMKM mahasiswa berkesempatan untuk belajar, memulai usaha secara digital dari lingkungan kampus terlebih dahulu, hingga akhirnya mampu memasuki pasar yang lebih luas di korporasi, bahkan pengadaan pemerintah.

Menurut Vensia, di sisi lain kebutuhan warga kampus, baik untuk perkuliahan maupun lainnya, juga bisa dipenuhi dari sesama civitas academica melalui lokapasar ini. Sehingga pemberdayaan ekonomi lokal dapat dimulai dari institusi pendidikan pencetak sumber daya manusia unggulan.

“Tidak hanya mahasiswa, campus e-marketplace ini juga terbuka bagi para dosen, staf, alumni, guru hingga UMKM eksternal di lingkungan pondok pesantren NWDI Pancor, Lombok Timur, baik sebagai penjual maupun pembeli. Untuk produk-produk unggulan terkurasi pun, nantinya juga tersedia bagi pengguna Bhinneka secara umum di seluruh Indonesia,” lanjut Vensia.

Campus e-marketplace dengan nama Hamzanwadiexpo.bhinneka.com ini memiliki lebih dari 70 UMKM mahasiswa dan alumni Universitas Hamzanwadi turut memamerkan inovasi dan produk unggulan mereka secara langsung.

“Terdapat lebih dari 10 ribu santri yang sekolah mulai dari TK sampai perguruan tinggi di Yayasan Pendidikan Hamzanwadi NWDI Pancor, Lombok Timur. Dengan potensi sebesar ini, Universitas Hamzanwadi berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi berbasis digital di lingkungan pondok pesantren untuk meningkatkan kompetensi lulusannya berdaya saing unggul dan berbudaya santri dalam menghadapi revolusi industri 4.0,”  ungkap M Farid Zaini, Kepala Unit Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Hamzanwadi.

Teknologi Campus Marketplace dari Bhinneka saat ini juga tengah dikembangkan untuk dapat melayani pembayaran biaya kuliah masing-masing kampus. Hal ini tentu menjadi terobosan yang strategis bagi kampus, mengingat salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang perputaran roda ekonomi di lingkungan institusi pendidikan tersebut.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version