youngster.id - Untuk hadir lebih dekat dengan generasi muda melalui dunia gaming dan esports, ruang yang kini menjadi bagian integral dari kehidupan Gen Z, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan kolaborasi strategis dengan organisasi esport Team Liquid Indonesia (TLID).
“Bagi kami, membangun kedekatan dengan Gen Z bukan hanya soal mengikuti tren, tapi memahami bagaimana mereka membentuk gaya hidup dan komunitasnya sendiri. Dunia esports menjadi salah satu ruang yang paling relevan hari ini, dan melalui kolaborasi ini, kami ingin hadir sebagai brand yang tidak hanya dikenal, tetapi juga mampu terhubung dengan setiap generasi,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, dikutip Kamis (8/5/2025).
Kolaborasi ini menjadikan Honda sebagai Official Mobility Partner yang menyediakan Honda Brio sebagai kendaraan operasional resmi bagi para atlet esports TLID. Lewat kerja sama ini, Honda menghadirkan kampanye “Let’s Go Brio!” yang memadukan unsur mobilitas, gaya hidup digital, dan semangat komunitas dalam satu pengalaman menyeluruh yang dekat dengan keseharian Gen Z.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Honda dan TLID telah menyiapkan rangkaian aktivitas kreatif yang dirancang guna membangun koneksi emosional yang kuat dengan audiens muda. Program tersebut diantaranya Dealer Watch Party yang akan menghadirkan pengalaman menyaksikan pertandingan TLID secara langsung yang digelar di 12 dealer resmi Honda di kota besar Indonesia. Program ini mengubah showroom menjadi ruang hidup esports yang sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencoba langsung mobil-mobil Honda melalui sesi test drive.
Selain itu, kerja sama ini juga akan melahirkan TL Cup, sebuah turnamen komunitas gamer berskala nasional yang memberikan wadah bagi para gamer muda untuk mengasah kemampuan dan menunjukkan potensi mereka. Keseluruhan program ini akan menjadi bagian dari ekosistem Honda Culture Indonesia, yang mengintegrasikan pengalaman brand Honda secara lebih relevan dengan gaya hidup digital generasi masa kini.
“Bagi kami, Honda bukan hanya mitra brand, tetapi mitra perjalanan. Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan brand sebesar Honda, yang juga memiliki komitmen jangka panjang terhadap pertumbuhan komunitas digital. Melalui kerja sama ini, kami ingin menciptakan ruang yang menginspirasi, menyenangkan, dan relevan bagi generasi baru gamers Indonesia,” kata Daniel Santoso, Chief Business Officer Team Liquid Indonesia.
Kolaborasi ini juga merupakan respons terhadap potensi pertumbuhan yang signifikan dari perubahan perilaku generasi muda Indonesia. Dari total populasi Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, sekitar 75 juta di antaranya merupakan Generasi Z, yang kini mulai memasuki usia produktif dan memiliki potensi besar sebagai pembeli kendaraan pertamanya. Di sisi lain, rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu hanya 99 unit per 1.000 penduduk. Data ini menunjukkan bahwa masih terdapat ruang pertumbuhan yang luas di pasar otomotif nasional, khususnya pada segmen pembeli pertama yang saat ini didominasi oleh kelompok usia muda.
Seiring dengan itu, dunia gaming dan esports telah menjadi bagian integral dari gaya hidup generasi muda. Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, jumlah pemain game aktif di Indonesia diproyeksikan akan mencapai 192 juta pada tahun 2025, menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara.
STEVY WIDIA
Discussion about this post