Blibli.com Perkuat Ritel Online-to-Offline (O2O) Melalui Fitur Baru

(ki-ka) Viendra Primadia, Head of Digital Business Alfamart, Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com dan Samuel Ong, Founder of FUJISHOP.id. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Teknologi digital telah membawa pengaruh pada kegiatan bisnis ritel. Namu tak selalu dampak buruk. Bahkan bisnis online yang dulu dianggap sebagai “ancaman” kini membuka peluang baru bagi bisnis offline, terutama ritel untuk tumbuh bersama lewat kolaborasi.

Hal ini ditunjukkan oleh Blibli.com yang memperkuat strategi omnichannel lewat kolaborasi dengan kanal penjualan baik online dan offline. E-commerce ini pun menghadirkan fitur Click&Collect.

Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com menjelaskan, fitur ini memungkinkan para pelanggan untuk merasakan kemudahan belanja online di website dan aplikasi Blibli.com (Click), tetapi dapat langsung mengambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko offline pilihan milik merchant partner (Collect).

“Industri e-commerce kini memasuki era E-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omnichannel. Strategi ini mencakup cara penjualan online-to-offline (O2O) di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal online dan offline untuk meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin terkoneksi ke internet,” ucap Wisnu kepada media, Rabu (26/6/2019) di Jakarta.

Menurut dia, langkah ini untuk memenuhi keinginan dari para pelanggan. Dengan fitur ini, para pelanggan dapat platform online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Sekaligus mereka tetap mendapatkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang.

“Blibli.com menjawab kebutuhan pelanggan untuk pengalaman berbelanja bersifat online-to-offline melalui fitur Click&Collect. Melalui fitur ini, para pelanggan bisa berbelanja di aplikasi dan situs Blibli.com untuk memanfaatkan sistem pembayaran yang aman, ragam pilihan metode pembayaran, dan berbagai penawaran khusus. Kemudian, mereka mengambil belanjaan di toko offline untuk memastikan kecocokan produk,” lanjut Wisnu.

Untuk pengembangan fitur Click&Collect Blibli.com mencapai bermitra dengan Alfamart dan Fujishop.id.

“Kerjasama dengan Alfamart ini menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk fleksibilitas dan efisiensi berbelanja kebutuhan harian. Dengan menggunakan Click&Collect, pelanggan bisa memastikan ketersediaan stok di minimarket Alfamart tertentu. Selanjutnya, pelanggan dapat mengunjungi minimarket pilihan untuk secara langsung mengambil belanjaan yang sudah terkemas rapi,” lanjut Wisnu.

Menurut dia, fitur ini mendapat sambutan hangat dari para merchant partner. Halini telah mendorong peningkatan volume pemesanan hingga mencapai setidaknya 250.000 order per Juni 2019. Click&Collect akan terus meningkatkan volume pemesanan dengan memperbanyak dan memperluas jaringan toko melalui kemitraan bersama merchant partner besar lainnya di Indonesia.

Kerjasama ini mendapat tanggapan positif dari mitra. Viendra Primadia, Head of Digital Business Alfamart mengatakan,kerja sama dengan Blibli.com Click&Collect memperluas sales point Alfamart di platform online untuk memenuhi keinginan konsumen dalam kemudahan berbelanja produk sehari-hari,” ujarnya.

Dengan kemitraan ini, pelanggan Blibli.com dan Alfamart dapat menggunakan fitur Click&Collect di sekitar 3.000 minimarket Alfamart yang tersebar di Jabodetabek, dan hingga akhir 2019 akan tersedia di seluruh Jawa dan Bali.

Selain sektor groceries, elektronik dan gadget juga unggul di kalangan para pelanggan karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan, terutama mengingat price point produk-produk tersebut cukup bernilai lebih tinggi.

“Toko-toko ritel offline juga tertarik menjadi merchant partner Click&Collect karena selain menambah kanal penjualan dan pemasaran, kami dapat memanfaatkan secure payment gateway dan fasilitas customer care center yang sudah disediakan Blibli.com,” kata Samuel Ong, Founder of FUJISHOPid.

Samuel melanjutkan bahwa lensa kamera, kamera mirrorless dan action camera menjadi produk Click&Collect yang paling populer di kalangan para pelanggan toko offline FUJISHOPid, terletak di Jakarta dan Bali.

Saat ini, Click&Collect sudah bermitra dengan 28 merchant partner dari berbagai kategori produk, termasuk gadget dan groceries, untuk menghadirkan fitur Click&Collect di ribuan toko di berbagai kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.

STEVY WIDIA

Exit mobile version