Senin, 15 Agustus 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Blibli.com Siapkan Clara Untuk Perkuat Layanan E-Commerce

5 September 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Blibli.com Siapkan Clara Untuk Perkuat Layanan E-Commerce

Lisa Widodo SVP of Operation and Product Management Blibli.com (kedua dari kanan) bersama perwakilan pelanggan, dan rekanan. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Blibli.com berencana mengembangkan layanan perpesanan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Asisten virtual melalui layanan chatbot ini akan diberi nama Chat Live and Recommendation Assitant (CLARA). Hal itu untuk mendukung pengembangan layanan Blibli.com yaitu perpesanan, diskusi produk, email, panggilan dan media sosial.

“Platform e-commerce terus berevolusi, mulai dari teknologi hingga keanekaragaman produk. Komitmen untuk fokus pada kepuasan pelanggan menuntut Blibli.com agar memiliki agen layanan pelanggan yang mahir dan mampu membantu setiap kebutuhan pelanggan,” ucap Lisa Widodo SVP of Operation and Product Management Blibli.com saat ditemui Rabu (4/9/2019) di Blibli.com Customer Care Center Jakarta.

Dia menuturkan, berdasarkan data internal perusahaan, 40% dari konsumen menggunakan layanan perpesanan (chat). Lalu, 25% bertanya lewat kolom diskusi produk, 20% email, serta sisanya melalui panggilan dan media sosial.

Baca juga :   Studi Lazada: 87% UMKM Indonesia Belum Terdigitalisasi

“CLARA akan digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat panduan penggunaan. Namun, agen layanan pelanggan, yang kami namakan Blibli Loyalty Team Service (BLITS), tetap akan diturunkan untuk menjawab pertanyaan yang lebih kompleks dan karena itu, memerlukan sentuhan manusia untuk memberi resolusi sepenuhnya,” ucap Lisa.

Untuk bisa mempertahankan hal ini, Blibli.com fokus meningkatkan layanan pelanggan (costumer services). Lisa menjelaskan bahwa penilaian terhadap tingkat loyalitas pelanggan dihitung dari semua aspek saat konsumen berbelanja. Dari tahap awal, yakni pencarian produk hingga barang sampai ke pelanggan.

“Mengacu pada riset internal perusahaan terhadap seluruh konsumen. Dari skala 1 sampai 5, Blibli itu berada di sekitar 4,1. Kalau dibandingkan dengan kompetitor lain itu, mereka masih berada di bawah 4. Ini membuat kami semakin memperkuat layanan costumer care,” kata Lisa.

Baca juga :   Angka Kejahatan Siber Diprediksi Terus Meningkat, Mitigasi Resiko Penting bagi Dunia Usaha

Dia menegaskan, tingkat loyalitas pelanggan salah satunya dipengaruhi oleh pelayanan perusahaan. Karena itu, Blibli.com berfokus mengembangkan costumer services. Dia mengungkapkan, data juga menunjukkan pengaduan lewat telepon di Blibli.com rerata selama lima menit lebih. Kemudian, layanan melalui fitur percakapan biasanya memakan waktu 10 menit, tetapi di Blibli tidak dibatasi.

Blibli.com menghadirkan layanan selama 24 jam 7 hari melalui berbagai kanal. Ini menjadi keharusan bagi bisnis e-commerce yang beroperasi tanpa henti. Selain itu, Blibli.com juga akan membuka kanal baru untuk layanan pelanggan, yaitu melalui WhatsApp serta penambahan Pusat Resolusi pada aplikasi Blibli.com.

Layanan bagi pelanggan adalah bagian dari upaya Blibli.com untuk mengutamakan kepuasan pelanggan yang juga tercermin pada ‘Customer Satisfaction First’, sebuah strategi bisnis yang mengutamakan layanan konsumen 24/7, pengiriman gratis, pengiriman cepat, barang 100% berkualitas, pembayaran aman dan 15 hari retur.

Baca juga :   Blibli Hasanah, Perkuat Industri Halal Nasional dan Dukung ISEF 2021

STEVY WIDIA

Tags: blibli.comChat Live and Recommendation Assitant (CLARAcostumer caree-commerce

Related Posts

AKG Games
News

Mobile Game “Legends of Chronos” Siap Dirilis

13 Agustus 2022
0
GudangAda Gandeng Pemkot Tangsel dan Kitabisa Salurkan Modal untuk UMKM Warung
News

GudangAda Beri Edukasi Pedagang Tradisional Hingga Layanan Digital Terintegrasi

13 Agustus 2022
0
RedDoorz x Agoda
News

Agoda Bukakan Pintu RedDoorz Untuk 1,5 juta Tamu

13 Agustus 2022
0
Load More

Berita Terbaru

Jual Beli Emas Online Semakin Marak

Tiga Langkah untuk Tingkatkan Keterlibatan Perempuan Di Sektor Fintech

14 Agustus 2022
0
TikTok Shop For Your Fashion

TikTok Shop For Your Fashion Khusus untuk Brand Fashion Lokal Indonesia

14 Agustus 2022
0
Wakatobi

6 Tren Pariwisata Pasca-Pandemi dan Peluang Bisnis yang Bisa Ditawarkan

14 Agustus 2022
0
Jaringan Data 4G XL Jangkau 450 Kota

Tips Amankan Data Pribadi saat Menggunakan Media Sosial

14 Agustus 2022
0
The Dewi Kintamani

Mau Healing ke Bali? Ini Beberapa Hotel yang Bisa Dipertimbangkan

14 Agustus 2022
0
AKG Games

Mobile Game “Legends of Chronos” Siap Dirilis

13 Agustus 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version