youngster.id - Blibli menjadi mitra e-commerce dari program UMKM Virtual Expo 2020. Program ini untuk mendukung para pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 agar tetap dapat mengembangkan bisnisnya secara online.
Andreas A. Pramaditya, Vice President (VP) Galeri Indonesia Blibli mengatakan, kolaborasi ini sebagai wujud inisiatif berkelanjutan Blibli untuk mendukung para pelaku UMKM, khususnya di tengah situasi pandemi saat ini agar dapat terus menjalankan dan mengembangkan usahanya. Hal ini tentunya yang sejalan dengan kampanye #KarenaLokalNo1 dari Blibli yang merupakan bukti nyata dukungan Blibli terhadap program gerakan nasional pemerintah Indonesia yaitu Bangga Buatan Indonesia.
“Blibli menyambut baik inisiatif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Solopos yang memiliki kesamaan visi untuk mendorong UMKM untuk naik kelas melalui pemanfaatan platform e-commerce. Blibli akan terus mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi dalam mendukung UMKM agar dapat menjalankan roda bisnisnya di situasi yang menantang saat ini,” ungkap Andreas dalam keterangannya, Selasa (6/10/2020).
UMKM Virtual Expo ini merupakan rangkaian kompetisi bagi para pelaku UMKM di wilayah Solo Raya (Solo dan sekitarnya) yang mencakup tahap seleksi, pelatihan, serta penentuan pelaku UMKM yang dapat bergabung dengan platform Blibli. Adapun sesi pelatihan yang sudah dijalankan pada bulan Juli hingga Agustus lalu meliputi sesi pengembangan diri dan motivasi, manajemen keuangan, akses permodalan, pelatihan marketing 4.0, pengetahuan tentang logistik, serta memanfaatkan pemasaran dan pembayaran secara online.
Mulai September hingga Desember 2020, Blibli akan menampilkan laman khusus UMKM Virtual Expo yang terdiri sebanyak 25 pelaku UMKM yang lolos seleksi tahap pertama. Selama periode tersebut, para pelaku UMKM akan terus dipantau dan diberikan pendampingan agar dapat memanfaatkan platform e-commerce untuk terus mengembangkan bisnisnya.
Selain itu, laman khusus dari UMKM Virtual Expo ini juga akan menjadi bagian dari kategori produk Galeri Indonesia yang ada di Blibli. Di mana kategori ini merupakan kategori khusus yang memberikan kurasi bagi produk-produk UMKM Indonesia.
“Kegiatan UMKM Virtual Expo menjawab tantangan dalam memulihkan perekonomian di tengah situasi pandemi saat ini. UMKM mengalami penurunan omset penjualan, sehingga mau tidak mau harus mengenal dan menggunakan platform digital. Maka dari itu kami bekerjasama dengan Solopos dan Blibli untuk mengedukasi UMKM dalam memanfaatkan platform digital,” kata Bambang Pramono Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo.
Dalam UMKM Virtual Expo pertama ini terpilih 25 peserta UMKM yang akan didampingi Blibli selama empat bulan untuk berjualan online di platform Blibli. Di mana bidang usaha UMKM yang dijalani oleh para pelaku UMKM tersebut mencakup kategori kuliner, fashion, dan juga kriya.
Adapun 25 peserta yang terpilih mencakup: Ummika Brownie, Kaiyacraft, Jewel Ethnic Wear, Karak Super Mbah, Ratu Ngemil, Omah Keripik Pak Kenthut, CIL-CIL Craft, Batik SDK, Wedang Jahe Instan Nusantara, Dapur UmiQu, Batik Naufakencana, Amalove Hijab, Rumah Rajut Cinta, Gliks Indoproject, Dapoer Enak Enik, NooRy Cake and Bakery, Niti Sari, Bolen Pisang Ennys, Jakadutz, Fancy Chocolate, Karya Snack, Fancy Copper, Mezzaluna Jamur, Mutiara Prima dan Cavatoz.
“Semoga para UMKM terpilih ini dapat mengikuti pendampingan dengan baik, berkomitmen, dan bersemangat untuk dapat terus mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan platform e-commerce,” tutup Bambang Pramono Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo.
STEVY WIDIA
Discussion about this post