Blogging : Bukan Sekedar Menyalurkan Hobi Menulis

Peserta Niagahoster Webseries 2.0 bertajuk “Blogging: From Passion to Profit" di Yogyakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Blogging​ adalah sebuah aktivitas menulis di internet menggunakan ​platform​ berupa ​blog. Kegiatan ini telah mendahului media online, media sosial dan video. Data pada tahun 2015menunjukkan, 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air adalah ​bloggers.

​Blog seperti laman pribadi di internet yang akan muncul jika kita mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari. Popularitas​ blog ternyata tidak surut mengingat kebutuhan orang yang selalu ingin mencari review, artikel, dan referensi di internet.

Laporan dari ​MineWhat.com menyebutkan, 81% pembeli melakukan pencarian ​online sebelum membeli barang, termasuk di dalamnya mencari referensi dari tulisan orang di ​blog​ atau artikel. Melihat potensi ini,​blog saat ini lebih dari sekedar tulisan di internet.Tulisan di ​blog dapat mempengaruhi opini, menginspirasi, hingga menjadi penentu seseorang mengambil keputusan.

Untuk memberikan edukasi tentang manfaat ​blog , perusahaan penyedia layanan web-hosting,​ Niagahoster mengadakan acara Webseries 2.0 bertajuk “​Blogging: From Passion to Profit”.

Co-Founder​ Komunitas Emak Blogger, Indah Juli mengatakan, blog​ yang menarik secara konten dan visual juga akan mendatangkan banyak orang yang menunggu-nunggu cerita.

“Semakin banyak pengunjung di ​blog​ kita, semakin bernilai juga laman pribadi kita,” ungkap Indah pada acara yang berlangsung di Genius Idea Co-Working Space Yogyakarta belum lama ini.

Acara ini dihadiri oleh 50 orang peserta dari kalangan mahasiswa, ​blogger ​ pemula, dan pegiat IT.

Indah Juli sudah sejak 2001 berkiprah menjadi ​blogger​ profesional dan membuat komunitas Emak Blogger sebagai media​ sharing​ dan pemberdayaan bagi perempuan untuk mandiri dengan ​blog.

Di tengah ​nge-trennya aktivitas ​vlogging dan ber-medsos, muncul pertanyaan pemantik dari peserta diskusi: apakah ​blog  sudah mati dan tergantikan oleh Instagram dan YouTube? Menanggapi hal tersebut Affiliate Marketing Manager Niagahoster, Dina Febriyani membahas essai Bill Gates tahun 1996 yang masih relevan sampai sekarang, “​Content is King”.

“Mengikuti tren dengan mencoba berbagai jenis ​platform go online ​ memang baik. Namun apabila tidak menjaga kualitas konten dan memperhatikan strategipemasarannya,​ya​ tidak akan laku (tidak akan dinikmati oleh orang),” jelas Dina.

Menurut dia, konten adalah senjata para ​content creator​ agar tetap dicintai dan dicari oleh publik. Dengan konten tulisan yang menarik, para ​blogger ​ tidak hanya sedang membangun branding ​ dirinya tetapi juga menarik perhatian masyarakat dan ​brand perusahaan tertentu. 

Menanggapi soal persaingan dengan Instagram dan Youtube, Dina menegaskan perbedaan antara ​blog  dan keduanya adalah media penyampaian ceritanya.

“Instagram dan YouTube menekankan pada aspek visual,estetika gambar,dan​ skill editing. Blog​ lebih kepada gaya bahasa,​ story telling, dan tulisan yang hidup. Selebihnya ketiganya adalah ​platform go online​ yang saling mendukung dan dapat diintegrasikan untuk meraih            kesuksesan ​online​,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version