youngster.id - Bisnis permainan anak sangat menjanjikan, didukung oleh pertumbuhan pasar global yang diproyeksikan mencapai $142,6 miliar pada tahun 2030. Potensi ini mendorong Blue Origin Group berekpansi ke kawasan Asia termasuk Indonesia lewat dua brand utamanya OH!SOME dan FuniFun!.
Ekspansi perusahaan ritel dan hiburan yang berpusat di Singapura ini dilakukan di tujuh negara yaitu, Singapura, Thailand, Hong Kong, Malaysia, Vietnam, Kamboja, serta Indonesia. Saat ini sudah ada 140 gerai toko OH!SOME termasuk yang terbaru di Central Park Jakarta. Sedang FuniFun! hadir di Central Park dan di Grand Kota Bintang, Bekasi.
“Kami melihat pasar Indonesia adalah pasar yang besar, ada banyak anak muda dan keluarga muda di sini. Kami ingin menghadirkan pengalaman yang menggabungkan produk, cerita dan budaya melalui kolaborasi IP produk special dan aktivitas interaktif bagi mereka,” kata Jonathan CMO Blue Origin Grup dalam jumpa pers Selasa (26/8/2025) di Jakarta.
Data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jumlah anak di Indonesia mencapai 88,81 juta jiwa, atau 29,15% dari total penduduk yang diproyeksikan sebanyak 281,6 juta jiwa. Pasar yang besar ini menjadi daya tarik bagi perusahaan ritel dan hiburan ini berekspansi ke Indonesia. Selain di Grand Kota Bintang, FuniFun! juga hadir di AEON Mall Sen Sok City, Kerajaan Kamboja.
“Kami akan segera memperluas jangkauannya ke beberapa negara lainnya dalam waktu dekat,” ujarnya.
Sementara Public Relations Specialist Blue Origin Bella menambahkan, kedua brand ini dikembangkan secara mandiri oleh Blue Origin Group. OH!SOME mengedepankan destinasi belanja yang menyenangkan dan tematik, termasuk funfunland, yang menawarkan ruang interaktif bagi para pelanggan untuk bermain, belajar, dan berkreasi bersama.
Sedangkan FuniFun! menawarkan Interactive Play Centers, Tech Arcade Centers, IP Claw Machine Zone, and Trendy Capsule Toy Zone. Ada juga arena bermain, Sandpool & Wonderland yang dilengkapi interactive ball systems, ball pits, jungle gyms, dan slides. Lalu Trampoline Zone untuk free bouncing, basketball bouncing, foam pits, dan dodgeball challenges, serta Climb Up, area panjat tebing dengan pilihan Cube Climbing dan Block Climbing setinggi 5 meter, hingga Bouldering Wall setinggi 11 meter untuk tantangan lebih ekstrem.
FuniFun! juga menghadirkan Adventureland dengan dua tingkat Aerial Adventure Climbing Structure yang memadukan Sky Glide dan Sky Stroll, Strike It untuk bermain bowling, dan Fun Arcade sebagai pusat permainan digital mulai dari claw machines, rhythm games, hingga racing simulators.
“Kami ingin anak-anak bisa bebas berekspresi, sekaligus melatih keberanian dan kreativitas mereka dalam lingkungan yang aman dan suportif,” pungkasnya.
STEVY WIDIA