youngster.id - Aktivitas bisnis di masa sekarang beroperasi dengan terbatas, termasuk dalam bertransaksi. Transaksi non tunai berbasis teknologi menjadi solusi yang disukai generasi muda yang tech savy. Peluang ini ditangkapi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berkolaborasi dengan Jenius dari BTPN untuk menghadirkan layanan non tunai yang lebih efisien bagi masyarakat.
Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN mengungkapkan, masyarakat terutama generasi digital savvy Indonesia sudah akrab dengan perangkat smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication). Dengan fitur ini, transaksi dengan kartu uang elektronik jadi lebih mudah.
“Jenius percaya kolaborasi dengan berbagai pihak dibutuhkan untuk menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan. Langkah Jenius berkolaborasi dengan BNI TapCash untuk membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik. Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi,” jelas Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN dalam keterangannya, Kamis (24/9/2020).
Irwan menjelaskan, terjadi perubahan perilaku finansial pada masyarakat digital savvy selama pandemi ini. Jika sebelum pandemi, adaa lima fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Jenius yaitu Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Top Up e-Wallet, Flexi Saver, dan Tarik Tunai. Kini, di saat pandemi lima fitur yang paling sering digunakan menjadi Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Flexi Saver, Top Up e-Wallet, dan Send It antar akun Jenius.
“Hal ini menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan lebih sering menabung di saat pandemi ini, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metoda pembayaran nontunai. Semoga kolaborasi ini dapat membantu aktivitas masyarakat digital savvy dalam bertransaksi secara nontunai serta mendukung terbentuknya ekosistem ekonomi digital yang lebih baik lagi di Indonesia,” ucap Irwan.
Sementara itu, Pimpinan Divisi E-Banking BNI Sri Indira mengatakan, kolaborasi ini diharapkan akan semakin melengkapi pelayanan bagi masyarakat. Kolaborasi ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen ke depan dan diharapkan dapat terus meningkatkan jumlah pengguna TapCash yang per Agustus 2020 telah meningkat hingga 23% dibandingkan Agustus tahun lalu.
“Pengguna BNI TapCash Edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran nontunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian seperti pembayaran transportasi umum Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, mini market, dan masih banyak lagi,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post