Senin, 29 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Bukalapak Ajak Anak Muda Berbisnis e-Commerce

22 Mei 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Achmad Zaky : Jadi Pelaku e-Commerce, Kuncinya Harus Kreatif

Achmad Zaky, Founder & CEO Bukalapak.com (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini, semangat generasi muda untuk berkarier sejak dini dinilai semakin besar. Sebagai pemula, mereka membutuhkan bimbingan serta motivasi untuk menghilangkan keraguan saat merintis bisnis.

Seperit yang dilakukan Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky. Ia mengajak anak-anak muda di Kota Solo untuk terjun berbisnis e-commerce. “Saya ingin Solo maju dan lapangan pekerjaan terbuka luas,” kata Zaky saat menjadi pembicara Seminar for Young Entreprenuer dilansir Antara Minggu (21/5/2017) di Kota Solo.

Jumlah produsen maupun pedagang yang bergabung dengan Bukalapak tercatat telah mencapai puluhan ribu orang. Melalui kerja sama dengan pemerintah, pihaknya juga berupaya mendidik para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk masuk di e-commerce. Di antaranya dengan memfasilitasi peningkatan kualitas produk, hingga cara memotret hasil produksi yang akan dipajang.

Baca juga :   Bukalapak Bagi-Bagi Amplop Selama Ramadhan

Berbeda dengan pedagang, sentuhan untuk produsen dari UKM memang berbeda. Alumni SMA Negeri 1 Solo ini mengungkapkan, jumlah transaksi di Bukalapak mencapai Rp50 miliar/bulan, dan setahun bisa menembus Rp1 triliun.

Saat Ramadan dan Lebaran, jumlah transaksi biasanya naik dua kali lipat dan produk yang paling diburu adalah fashion. Kenaikan transaksi salah satu penyebabnya adalah tunjangan hari raya (THR) yang diterima para pekerja sebelum Lebaran.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Profesor Sri Adiningsih yang juga Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ia mengatakan, peluang bisnis e-commerce ke depan akan semakin meningkat. Sebab saat ini posisinya baru sekitar 2% dari perdagangan di Indonesia. Sedangkan di negara maju, separuh perdagangan telah melalui e-commerce. Potensi e-commerce sangat besar sekali, ke depan dalam memasarkan produk lebih banyak menggunakan e-commmerce.

Dilihat dari tiga tahun terakhir, perkembangan e-commerce sangat pesat. Bahkan beberapa bisnis raksasa juga mulai masuk. “Mereka tidak mendirikan baru, tetapi masuk dengan membeli yang telah ada,” ujarnya.

Baca juga :   OPPO Reno6 Series 5G Dukung Aktivitas Anak Muda di Bidang Fotografi, Esports, dan Musik

Sehingga, dalam lima tahun ke depan pasti sudah ada kemajuan pesat. Sebagaimana diungkapkan CEO Bukalapak, pertumbuhannya bisa mencapai tiga hingga empat kali dalam setahun. Jika terus terjadi, maka lima tahun ke depan angkanya mencapai 10% dari perdagangan di Indonesia.

Sehingga, nilai transaksi e-commerce yang kini berkisar Rp60 triliun sampai Rp70 triliun, dalam lima tahun ke depan bisa menembus Rp300 triliun. Maka, ke depan e-commerce merupakan bisnis menjanjikan.

Hal tersebut terbukti dengan terus munculnya pelaku bisnis e-commerce setiap hari dan terus tumbuh berkembang. Selain menggunakan platform e-commerce yang resmi, banyak juga yang melalui jalur tak resmi. Seperti melalui facebook dan instagram. “Dan itu lumayan laku,” ujar dia.

Baca juga :   Samsung Perluas Layanan Dompet Digital

STEVY WIDIA

Tags: Ahmad ZakiBukalapake-commerce
Previous Post

Kemristekdikti Danai Riset Inovasi Pangan Unggul

Next Post

Telkom Dukung Kimia Farma Jadi Perusahaan Berbasis Digital

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
Telkom Dukung Kimia Farma Jadi Perusahaan Berbasis Digital

Telkom Dukung Kimia Farma Jadi Perusahaan Berbasis Digital

Bank DBS Indonesia Diganjar Best Performance in Custodian Bank

Bank DBS Indonesia Diganjar Best Performance in Custodian Bank

Pelajar Indonesia Raih Penghargaan di Ajang Intel ISEF 2017

Pelajar Indonesia Raih Penghargaan di Ajang Intel ISEF 2017

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version