Minggu, 16 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Bukalapak Optimistis Punya 4 Juta Pelapak di 2018

27 November 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Bukalapak Optimistis Punya 4 Juta Pelapak di 2018

Bukalapak kembali menggelar Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak (Kopdar Akbar). (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring dengan pertumbuhan bisnis Bukalapak terus memperkuat posisinya sebagai salah satu e-Commerce terbesar di Indonesia. Salah satu cara dengan menarik semakin banyak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung menjadi pelapak (penjual di Bukalapak) pada tahun depan.

CEO Bukalapak, Achmad Zaky yakin Bukalapak masih memiliki peluang besar untuk menarik UKM menjadi pelapak. Dia bahkan optimis optimistis bisa meraih 3-4 juta pelapak pada tahun 2018.

“Kami optimistis karena UKM ini adalah backbone (tulang punggung) ekonomi Indonesia dan jumlahnya juga sangat banyak. Kalau berdasarkan data pak Menteri (Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga), ada sekira 50 juta UKM, kita baru punya 2 juta, kita yakin nanti bisa capai 10-20%,” ungkap Zaky dalam acara Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak, Sabtu (25/11/2017) di Jakarta.

Baca juga :   Pembelian Produk Elektronik Meningkat, Allianz Gandeng JD.ID

Optimisme Bukalapak disertai dengan serangkaian strategi yang diyakini bisa membantu merealisasikan targetnya tersebut. Diungkapkan Zaky, salah satu strategi utama Bukalapak adalah memperkuat komunitasnya, yang saat ini telah tersebar di sekitar 80 kota di seluruh Indonesia. Komunitas ini terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri.

Pihak Bukalapak pun lebih mudah memberikan edukasi dengan adanya komunitas, yang diharapkan bisa membuat UKM digital semakin berkembang. Zaky mengklaim, edukasi tersebut memberikan banyak dampak positif termasuk angka penjualan yang mengalami peningkatan.
Perkembangan bisnis digital ini, pada akhirnya diharapkan dapat membuat lebih banyak pelaku UKM melebarkan sayapnya ke ranah digital.

“Kami memberikan edukasi jadi mereka lebih pintar (bisnis online) dan penjualan pun menjadi lebih tinggi. Kita sangat aktif sekali untuk hal itu,” ujar Zaky.

Baca juga :   Industri Kecil dan Menengah Perlu Memanfaatkan Teknologi Digital

Zaky mengklaim, rata-rata semua bisnis para pelapak mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data terakhir yang dimilikinya, pertumbuhan pelapak per tahun mencapai dua kali lipat. Sayangnya, ia tidak memberikan rincian besaran pertumbuhan tersebut.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, hampir seluruh kategori produk seperti aksesori elektronik dan makanan, diminati oleh konsumen. “Rata-rata semuanya tumbuh. Data terakhir, pelapak per tahun pertumbuhannya double (rata-rata). Itu menunjukkan pasar Bukalapak semakin besar dan pelapak yang juga tumbuh,” tuturnya.

Bukalapak merupakan salah satu pasar online terbesar di Indonesia. Layanan e-Commerce ini merupakan sarana jual beli online dari konsumen ke konsumen (C2C) untuk transaksi satuan ataupun dalam jumlah banyak melalui aplikasi mobile dan situs web. Saat ini, Zaky mengaku Bukalapak telah memiliki dua juta pelaku UKM Indonesia sebagai pelapak. Sebagian besar pelapan ini berada di Pulau Jawa.

Baca juga :   Tokopedia dan Bukalapak Salip Lazada pada Kuartal II 2018

 

STEVY WIDIA

Tags: Bukalapake-commercepelapakUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Telkomsel Gelar Jalan Sehat Bernuansa Digital

Next Post

Always On, DBS Accelerator Jaring Inovasi Untuk Perbankan

Related Posts

ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
0
Bukalapak
Headline

Terangkat Kenaikan Nilai Portofolio, Bukalapak Catat Laba Bersih Rp2,4 Triliun

30 Oktober 2025
0
Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Always On, DBS Accelerator Jaring Inovasi Untuk Perbankan

Always On, DBS Accelerator Jaring Inovasi Untuk Perbankan

Ajang IDN CreativeFest Pikat Puluhan Ribu Anak Muda Bandung

Ajang IDN CreativeFest Pikat Puluhan Ribu Anak Muda Bandung

Bekraf Developer Conference 2017 : Rumuskan Strategi Ekonomi Kreatif Digital

Bekraf Developer Conference 2017 : Rumuskan Strategi Ekonomi Kreatif Digital

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version