Bukalapak Targetkan Rangkul Dua Juta Pelaku UKM

Achmad Zaky, terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo. (Foto: dok. Bukalapak/Youngsters.id)

youngster.id - Di tahun 2016 ini, online marketplace Bukalapak telah berhasil meningkatkan jumlah penjual atau pelapaknya dari 500.000 menjadi 1,2 juta pelapak. Tahun depan, targetnya bisa tembus 2 juta pelapak, yang mayoritas merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Demikian disampaikan pendiri Bukalapak, Achmad Zaky. “Tahun depan, targetnya saya rasa bisa tembus 2 juta pelapak. Mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan, eCommerce dan market place sudah semakin familiar,” ujar Zaky pada acara kopi darat akbar komunitas Bukalapak, Senin (28/11/2016) di Jakarta.

Menurut dia, angka itu masih jauh dari total pelaku UKM di Indonesia yang diperkirakan mencapai 50 juta. Zaky mengatakan kondisi ini salah satunya disebabkan oleh masih rendahnya pemahaman pelaku UKM mengenai bisnis online, utamanya yang ada di daerah.

“Di daerah memang masih banyak yang belum tahu eCommerce atau market place. Internet itu kesannya hanya untuk senang-senang seperti media sosial. Tapi trennya dari tahun ke tahun terus membaik. Kalau tahun lalu jumlah pelapak di Bukalapak baru 500.000, saat ini sudah 1,2 juta pelapak,” papar penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya dari pemerintah Indonesia itu.

Untuk merangkul lebih banyak pelaku UKM agar mulai go online, Bukalapak yang memiliki komunitas di berbagai daerah juga rutin mengadakan kegiatan kopi darat atau berbagi pengalaman yang mempertemukan para pelapak dan juga pelaku UKM yang belum berjualan online.

Selain menambah jumlah pelapak, Zaky mengatakan kegiatan tersebut juga bisa membantu para pelapak dalam meningkatkan usahanya. Hal tersebut bisa terlihat dari peningkatan revenue pelapak yang rata-rata mencapai dua kali lipat setiap tahunnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version