BUMN Siapkan Mandalika Terima Wisatawan 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) di kawasan pantai Tanjung An, Desa Kuta, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (2/1). (Foto: Antara/Youngsters.id)

youngster.id - PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku BUMN mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan ini kawasan wisata Mandalika Resort di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, siap menerima banyak wisatawan pada 2018.

Demikian disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. “Insya Allah sudah siap menerima banyak wisatawan yang lebih besar mulai 2018,” kata Rini dilansir Antara, Jumat (27/1/2017) usai menggelar rapat koordinasi terkait industri pariwisata nasional di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Menurut Menteri BUMN ini, pengembangan KEK Mandalika dilakukan secara bersinergi antar-BUMN. PT ITDC sudah menjalin sinergi dengan PT Wijaya Karya (Wika), dan PT Pembangunan Perumahan (PP) untuk membangun infrastruktur dan hotel.

“Semua sedang kita siapkan dengan sinergi BUMN. Jadi akan ada hotel Club Med yang akan dibangun bekerja sama dengan PP. Kemudian Hotel Indonesia Group bersinergi dengan Wika,” ujarnya.

Ia berharap dengan sinergi antar-BUMN tersebut, infrastruktur dasar penunjang KEK Mandalika, seperti air bersih, jalan dan listrik rampung sebelum 2018.

Baca juga :   Starthub Connect 2018 Kembangkan Komunitas dan Ekosistem Digital di Indonesia

Perusahaan di bawah Kementerian BUMN juga melakukan pelatihan bagi masyarakat lingkar KEK Mandalika, agar mereka memiliki pengetahuan bagaimana cara menerima turis mancanegara.

“Kami juga memberikan pelatihan bagi pedagang asongan dan pengelola rumah penginapan serta restoran yang ada di lingkar Mandalika,” kata Rini.

STEVY WIDIA