CASHLEZ Raih Kenaikan Transaksi 200% di Semester I 2019

Mesin Cashlez Reader Printer. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan ​payment gateway​ PT CASHLEZ Worldwide Indonesia (CASHLEZ) mencetak kenaikan luar biasa di pertengahan tahun 2019. Selama semester 1 2019, CASHLEZ berhasil membukukan kenaikan jumlah transaksi di atas ​200% dengan  pertumbuhan GTV hampir menyentuh​ 150% dibandingkan dengan periode yang sama di 2018.  

Chief Revenue Officer (CRO) CASHLEZ, Tan Leny Yonathan mengatakan bahwa kenaikan nilai transaksi CASHLEZ tertinggi diperoleh dari metode pembayaran berbasis online CashlezLink ​(e-commerce) di atas ​2.000%​, diikuti oleh pembayaran digital termasuk didalamnya dompet elektronik dan pembayaran menggunakan kartu yang keduanya meningkat di atas ​100% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018.

“Kami terus berupaya mengembangkan inovasi kreatif untuk menghasilkan produk dan layanan yang paling relevan dengan kebutuhan​merchant dan pelanggannya. Hal ini merupakan bagian dari pilar strategi dan leading indicator yang kami percaya dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan lagging indicator kami, termasuk di dalamnya untuk meningkatkan transaksi, jumlah merchant dan GTV,” ungkap Leny Tan dalam keterangannya, Selasa (23/7/2019) di Jakarta.

Pertumbuhan juga terjadi pada sisi pengguna CASHLEZ, jumlah merchant yang melakukan registrasi aplikasi CASHLEZ sampai dengan semester 1 2019 mencapai lebih dari ​6.000register dengan lima segmen tertinggi yaitu retail sebanyak​57,4% yang kemudian disusul oleh segmen fashion, ​professional services, F&B, travel dan ​tourism.

Pertumbuhan jumlah register aplikasi CASHLEZ ini tidak lepas dari ekspansi pasar di beberapa kotabesar,kerjasama yang dilakukan CASHLEZ dengan banyak mitra, penambahan jumlah ​payment acceptance, dan optimalisasi website serta media sosial sepanjang enam bulan terakhir.  

Pada awal bulan Februari 2019, CASHLEZ bekerjasama dengan OVO dalam memudahkan setiap pelaku usaha untuk menerima pembayaran non-tunai, termasuk di dalamnya metode pembayaran dengan OVO. Kerjasama pun dilakukan dengan ​brand lokal dan generasi muda dalam mengenalkan penggunaan non-tunai di kalangan pengusaha UKM yang baru memulai usaha.

Selain itu, CASHLEZ bekerjasama dengan berbagai pihak Bank yaitu Bank Mandiri, BNI, Maybank, dan BTPN. Pada bulan April 2019, CASHLEZ berhasil menghimpun pendanaan seri A dari Sumitomo Corporation yang akan menjadi modal strategis CASHLEZ dalam memperluas jaringan dan pengembangan produk serta layanannya.

Sebelumnya, CASHLEZ telah menerima pendanaan dari Mandiri Capital Indonesia pada bulan Agustus tahun 2018. Bulan Juni 2019, CASHLEZ mendapat izin resmi Bank Indonesia sebagai penyelenggara ​Payment Gateway dan membuka kantor cabang baru di daerah Jakarta Utara. Terbaru, CASHLEZ bekerjasama dengan Informa sebagai ​mobile cashier di gerai Informa seluruh Indonesia dan menambahkan Go-Pay sebagai metode pembayaran baru.

Selanjutnya, CASHLEZ akan terus memperluas jaringan, menambah metode pembayaran lainnya dan memperkuat layanannya serta semua lini bagiannya secara serempak dan berkesinambungan.  

Saat ini, CASHLEZ telah digunakan oleh banyak merchant yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya yaitu Informa, Fabelio, Sky Garden, Ternakopi by Kaesang Pangarep, dan lainnya.

STEVY WIDIA