youngster.id - Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan II turun 5,32% dibandingkan dengan tahun lalu sebagai dampak pandemi Covid-19. Bahkan sekitar 47% UMKM akan menutup usahanya karena dampak pandemi ini.
Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap UMKM agar tetap dapat berkembang disaat seperti ini, CATAPA meluncurkan program #CATAPAFREEforUMKM. Ini adalah solusi penggajian dan pengelolaan karyawan yang dapat diperoleh secara GRATIS untuk UMKM Indonesia yang mencakup penggajian bulanan, pengelolaan data kehadiran karyawan dan pengelolaan data karyawan lainnya.
Dengan adanya solusi ini, pelaku usaha tidak perlu lagi harus melakukan penggajian dan pengelolaan data karyawan secara manual sehingga pelaku usaha dapat lebih memfokuskan waktunya untuk mengembangkan bisnisnya dan terhindar dari konflik yang mungkin terjadi dengan karyawannya karena perusahaan tidak segera mengimplementasikan kebijakan penggajian terbaru dari pemerintah.
Stefanie Suanita, Founder & CEO CATAPA menjelaskan saat ini, hampir semua dunia ùsaha terkena dampak dari pandemi COVID-19, sehingga sudah sewajarnya kalau satu dengan lainnya mulai saling membantu. Program #CATAPAFREEforUMKM yang baru diluncurkan oleh CATAPA ini bermaksud membantu pengusaha agar dapat lebih fokus mengalokasikan waktunya untuk mengembangkan usahanya, bukan untuk mengurus hal-hal yang bisa dilakukan oleh sistem.
“Solusi kami ini dapat diakses dari mobile, sehingga pengusaha dapat melakukan penggajian dan pengelolaan karyawan kapanpun dan dimanapun. Kami mengharapkan apabila UMKM dapat terus berkembang, maka perekonomian Indonesia juga akan semakin baik,” tutur Stefanie dalam keterangannya Selasa (8/9/2020).
Program ini diperuntukkan untuk UMKM dengan jumlah karyawan maksimal 20 orang. Pengguna akan mendapatkan akses CATAPA Basic (solusi penggajian termasuk THR, Bonus, pesangon yang termasuk perhitungan BPJS dan PPh pasal 21), Time Management (pengelolaan kehadiran dan ketidakhadiran karyawan), Employee Self Service/ ESS (portal pengajuan & persetujuan time management, informasi perusahaan, dan data karyawan yang dapat diakses langsung oleh karyawan), dan Claudia Chatbot (aplikasi chatbot untuk menjawab seputar informasi perusahaan dan status time management karyawan).
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post