Catatkan Kinerja Positif, Amar Bank Jadi Bank Digital Pertama yang Bagikan Dividen

Amar Bank

Konsisten Tumbuh Secara Berkelanjutan, Amar Bank Bagikan Dividen Interim (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Di tengah dinamika industri perbankan digital serta fintech yang semakin kompetitif selama dua-tiga tahun terakhir. Amar Bank berhasil meningkatkan kinerja dan laba di sepanjang tahun 2023 serta awal 2024 dengan terus fokus berinovasi melayani segmen ritel dan UMKM melalui berbagai produk dan layanan unggulannya.

Amar Bank berhasil terus menyalurkan kredit dengan total Rp 2,74 triliun di sepanjang kuartal pertama 2024, dengan 52% dari pinjaman tersebut ditujukan kepada UMKM. Kinerja tersebut mencerminkan segmen bisnis Amar Bank yang semakin luas, terlebih rata-rata pinjaman industri fintech lending ke sektor produktif baru mengambil porsi 33,61% dari total pembiayaan fintech lending pada Maret 2024 berdasarkan data OJK.

Sebelumnya, Amar Bank berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp177,9 miliar sepanjang 2023, tumbuh 214,5% secara tahunan (year-on-year). Kinerja positif ini pun dilanjutkan di awal kuartal pertama 2024 dengan kinerja keuangan yang solid. Amar Bank berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 48,86 miliar pada Q12024, tumbuh 41,9% secara tahunan (year-on-year); sebuah kinerja kuartal pertama terbaik dibandingkan dengan kuartal pertama tahun sebelum-sebelumnya.

Sejurus dengan kinerja positif, Amar Bank pun membagikan dividen tunai sebesar Rp55 miliar atau setara dengan Dividend Payout Ratio sebesar 31% dari laba bersih perseroan di 2023 sebesar Rp 177.9 miliar.

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengklaim, adanya pembagian dividen ini menjadikan Amar Bank sebagai bank digital pertama yang membagikan dividen di tahun 2024.

“Pembagian dividen ini juga sebagai bentuk komitmen kepada para investor dan shareholders, atas keyakinan kami untuk terus tumbuh kedepannya,” kata Vishal, Rabu (5/6/2024).

Amar Bank akan membagikan dividen yang berjumlah Rp3,03 per lembar saham kepada para pemegang saham yang memiliki hak untuk menerima dividen tunai. Pembayaran dividen tunai diberikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham.

Leonardo Lijuwardi, Equity Research Analyst NH Korindo Sekuritas memberikan penilaian yang menarik terhadap langkah strategis Amar Bank yang didukung oleh fundamental yang solid,

“Apabila di-compare dengan beberapa kompetitor ternama di industri perbankan digital, AMAR mampu menyalurkan dividen pasca berhasil mencetak kinerja turn-around. Langkah ini juga diperkuat dengan impresifnya pertumbuhan NIM dan kualitas aset yang sehat,” imbuh Leonardo.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version