youngster.id - Chatbot adalah program komputer yang dapat bekerja di dalam aplikasi pesan instan, berinteraksi dengan pengguna dengan cara menirukan percakapan manusia. Fungsionalitasnya juga beragam, mulai memberikan jawaban otomatis untuk layanan konsumen, sebagai layanan pemesanan, hingga menjadi asisten virtual. Program komputer layaknya asisten virtual ini bakal jadi tren tahun 2017 ini.
Chief Executive Officer Blackberry Messenger, Matthew Talbot pernah mengemukakan chatbot akan menjadi suatu hal yang besar pada tahun ini. Firma riset Gartner juga memprediksi hanya sepertiga dari interaksi layanan pelanggan akan memerlukan interaksi manusia pada 2017. Ini berarti sisanya akan ditangani oleh perangkat lunak otomatis seperti chatbot.
Oleh Marketbiz.net program ini diadopsi lewat Chatzbro.com. “Layanan ini terus akan disempurnakan sampai pada level logistik dan Facebook marketing automation untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam berbisnis di internet (dengan ads atau organik),” ujar Silvia Ratna CEO Marketbiz.net, baru-baru ini di Jakarta.
Menurut Silvia, setidaknya ada tiga alasan mengapa chatbot sangat diminati. Pertama, karena tak harus menggunakan aplikasi sehingga penggunaannya lebih sederhana. Selain itu juga sangat berguna untuk membangun layanan pelanggan yang tak pernah tidur. Terakhir adalah tak melewatkan komunikasi dengan pihak lain.
Chatzbro.com merupakan layanan yang bisa digunakan secara massal oleh para pebisnis online, dengan mengintegrasikan payment gateway paling sederhana (iPaymu.com) dan penghitungan logistik otomatis.
Chatzbro bisa melakukan apa saja, layaknya asisten pribadi, seperti pemesanan hotel, memesan makanan dan model bot asisten virtual lainnya. Dengan rule base Facebook Messenger dipercaya memudahkan dalam skala bisnis offline ke online atau bisnis online yang sudah digunakan oleh pebisnis sebelumnya, untuk lebih mengoptimalkan layanan bisnisnya.
“Chatbot adalah cara mudah untuk merampingkan interaksi dengan memberikan informasi kepada pelanggan lebih cepat dan lebih efisien dari pada perwakilan layanan pelanggan. Terlebih, Facebook tidak hanya menciptakan Messenger untuk percakapan tapi juga transaksi bisnis. Kami membawa peluang ini lewat Chatzbro.com bersama iPaymu.com untuk melayani masyarakat Indonesia,” ungkap Silvia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post